Polisi Kampanyekan Millenial Road Safety Festival

oleh -8 views
milenial-safety
MILLENNIAL SAFETY: Ribuan pelajar se Kabupaten Kuningan meramaikan millennial road safety ridding yang digelar Polres Kuningan, Sabtu (2/2). Foto: Agus Panther/Radar Kuningan

KUNINGAN – Acara Millennial Road Safety Festival yang digelar Polres Kuningan berlangsung meriah dan sukses, dengan dihadiri ribuan pelajar se Kabupaten Kuningan. Kegiatan dalam rangka menjaga keselamatan berlalu lintas ini, dihadiri langsung Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan SIK dan Bupati Acep Purnama di depan Pendopo Pemkab Kuningan, Sabtu (2/2).

Millennial Road Safety Festival ini diawali dengan Apel Besar yang diikuti TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Patroli Keamanan Sekolah, serta para pelajar dari berbagai sekolah di Kabupaten Kuningan.

Usai apel, Kapolres AKBP Iman Setiawan menerima Pataka dari Polres Cirebon melalui atlet berprestasi asal Kuningan. Selanjutnya, pataka itu diberikan kepada Bupati Acep Purnama dan diserahkan kembali kepada atlet berprestasi untuk diarak keliling kota.

“Kegiatan ini ditujukan untuk zero accident dalam berlalulintas. Data kecelakaan selama 2018, hampir korban kecelakaan didominasi oleh usia millennial. Ini menjadi perhatian bersama agar usia millenial bisa menjaga keselamatan saat berlalu lintas,” kata Kapolres Kuningan, AKBP Iman Setiawan SIK saat memberikan sambutan.

Diharapkan, adanya kampanye keselamatan berlalu lintas ini, selain menjaga keselamatan lalu lintas, kegiatan ini juga dapat mencetak relawan lalu lintas dari generasi millennial agar bisa menjadi agen perubahan dalam berlalu lintas. Sekaligus untuk menciptakan millennial menuju Indonesia Gemilang.

“Sebab seperti yang diketahui bersama, bahwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi cenderung berasal dari kaum muda yang masih produktif. Ironisnya, kadang kala yang menjadi korban berasal dari kalangan pelajar. Berdasarkan hal tersebut, semakin mengkhawatirkan lantaran pemuda merupakan generasi penerus bangsa,” tegas dia.

Menurutnya, angka kecelakaan yang tinggi di kalangan millennial tentu saja berpotensi mengancam potensi sumber daya kepemimpinan nasional di masa mendatang. Gagasan minlennial ini, tercetus dengan target mewujudkan generasi milenial cinta lalu lintas menuju Indonesia Gemilang sekaligus menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

“Mari kita kampanyekan keselamatan di jalan raya. Kepada kalangan millennial untuk lebih memperhatikan keselamatan ketika berkendara di jalan raya,” ujarnya.

Sementara Bupati Acep Purnama menyampaikan, rasa terima kasihnya atas digelarnya kampanye keselamatan dalam berlalu lintas tersebut. “Semoga akan menjadi iktiar kita untuk keselamatan generasi muda dari bahaya kecelakaan lalu lintas, sekaligus memberikan kesadaran kepada generasi muda untuk tertib berlalu lintas,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Acep memberikan apresiasi kepada generasi muda Kuningan yang telah melakukan inovasi, kreatif, dan menunjukan potensi dan prestasinya. Semoga prestasi itu menjadi motivasi bagi genarasi muda yang lain. “Sebab generasi muda merupakan aset berharga, sebagai generasi penerus yang akan menggantikan kita semua,” tutupnya. (ags)