TPU Kemurang Masih Kosong

oleh -109 views
MASIH KOSONG: Meskipun sudah dua tahun dibangun, TPU Desa Kemurang sampai dengan saat ini masih belum digunakan. Warga sekitar banyak menguburkan anggota keluarganya di desa tetangga. FOTO: ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON-Sudah sekitar dua tahun dibangun, namun kondisi tempat pemakaman umum (TPU) Kemurang di Desa Lemahabang Kulon, masih kosong.

Hal ini karena warga desa setempat dan lebih memilih menguburkan anggota keluarganya yang meninggal dunia ke tempat pemakaman Desa Lemahabang induk. Karena sudah ada anggota keluarga yang dikubur di lokasi tersebut.

“Saat ini, masih kosong TPU-nya. Padahal arealnya sudah siap. Warga memilih menguburkan anggota keluarganya yang meninggal di TPU lama milik desa tetangga.

Ya kita tidak bisa paksa. Kalau mau digunakan ya silakan. Boleh-boleh: Kalau tidak ya tidak apa-apa,” ujar Kuwu Desa Lemahabang Kulon, Rudi saat dihubungi Radar Cirebon, kemarin.

Dijelaskannya, Desa Lemahabang Kulon merupakan desa baru hasil pemekaran dengan Desa Lemahabang. Sehingga untuk TPU sebelumnya masih menumpang ke Desa Lemahabang dan desa tetangga lainnya.

“TPU Kemurang sudah sekitar dua tahun jalan. Luasnya sekitar setengah hektare lebih. Sudah kita tembok keliling. Ini sudah siap pakai. Kapan saja warga membutuhkan silakan digunakan,” imbuhnya. (dri)