Cegah Demam Berdarah, Kompak Bersihkan Sampah dan Saluran Air

oleh -16 views
BERSIH-BERSIH-SAMPAH
BERSIHKAN SAMPAH: Untuk mencegah bibit penyakit, warga tengah kerja bakti membersihkan sampah. Foto: Agus Panther/Radar Kuningan

KUNINGAN– Persoalan sampah kerap kali menjadi polemik yang tak kunjung selesai di sejumlah wilayah padat penduduk. Karena itu, pemerintah daerah terus berupaya mewujudkan Kuningan bebas sampah.

Salah satu upaya yang rutin dilakukan pemerintah daerah adalah kampanye bersih-bersih lingkungan, baik di wilayah perkotaan hingga perdesaan. Kampanye bersih-bersih itu pun sekaligus mengajak warga masyarakat, agar berperilaku hidup sehat dan rajin membersihkan lingkungan masing-masing.

Atas upaya itu, pemerintah daerah ingin memberikan kesadaran bagi masyarakat bahwa sampah harus dikelola dengan baik. Sehingga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan, dan kebersihan serta kesehatan masyarakat dapat terjaga.

Bupati Acep Purnama mengimbau kepada masyarakat Kuningan yang memiliki tempat usaha atau rumah di sekitar pinggiran jalan, untuk menjaga saluran air agar tetap bersih dari sampah. Hal itu wajib dilakukan, agar saat hujan tiba tidak menyumbat saluran air yang dapat menyebabkan banjir.

“Hal ini jelas perlu adanya kesadaran dari seluruh masyarakat, untuk bisa menjaga kebersihan mulai dari membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan. Jangan sampai saluran air dipenuhi sampah karena akan mengakibatkan banjir. Mohon dijaga kebersihan dan sampahnya. Mari rawat hasil pembangunan ini,” katanya.

Selain mengurangi nilai estetika suatu tempat, kata bupati, sampah juga dapat menimbulkan bau tak sedap. Sehingga perlu partisipasi semua elemen masyarakat dalam beragam aktivitas peduli kebersihan.

“Saya juga mengajak seluruh SKPD di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Kuningan, agar pada setiap Jumat bekerja bakti di lingkungannya masing-masing. Kerja bakti seperti membersihkan sampah di lingkungan instansi masing-masing, sebagai wujud kepedulian terhadap sampah dan menciptakan lingkungan kantor bersih dan bebas dari tumpukan sampah,” tandasnya.

Rupanya seruan dari bupati iti dituruti oleh warga Dusun Banjaran, Desa Sangkanmulya, Kecamatan Cigandamekar. Akhir pekan kemarin, puluhan warga setempat bekerja bakti membersihkan saluran air dan sampah. Menggunakan peralatan seadanya, warga membersihkan lingkungannya.

“Kami bersama-sama membersihkan saluran air dan juga rumput yang berada di sisi jalan. Kebetulan pihak desa juga memberikan imbauan sehingga akhirnya kami kerja bakti. Alhamdulillah warga Dusun Banjaran, Desa Sangkanmulya kompak untuk menjaga kebersihan di lingkungannya,” sebut Zaenal, seorang warga Banjaran. (ags)