Bupati Puji Semangat Penyandang Disabilitas

oleh -5 views
ANTUSIAS: Penyandang disabilitas terlihat antusias ketika kegiatannya dihadiri Bupati H Acep Purnama, akhir pekan kemarin. FOTO: agus panther/radar kuningan
ANTUSIAS: Penyandang disabilitas terlihat antusias ketika kegiatannya dihadiri Bupati H Acep Purnama, akhir pekan kemarin. FOTO: agus panther/radar kuningan

KUNINGAN-Pelaksanaan kemah Pramuka Luar Biasa yang digelar Sub Bagian Pendidikan, Pemuda, Olahraga (PPO) pada Bagian Kesra Setda yang melibatkan ratusan siswa SLB, berakhir Minggu siang (3/3). Acara yang dibuka oleh Asisten Daerah I Setda, Drs H Maman Hermansyah MSi, Jumat (1/3) itu mendapat apresiasi dari Bupati H Acep Purnama dan Wabup M Ridho Suganda.

Kedua petinggi di Kabupaten Kuningan tersebut datang langsung ke lokasi kemah di kompleks SLBN Taruna Mandiri, Desa Sampora, Kecamatan Cilimus. Pembina SLBN Taruna Mandiri Elon Carlan MPd dan penasihat kemah Pramuka Ny Engkoy SPd, berada di lokasi acara.

Sejumlah kegiatan dihelat selama berlangsungnya kemah Pramuka Luar Biasa. Tak hanya kemampuan sebagai gerakan Pramuka, namun juga hal lainnya.

Seperti perlombaan olahraga lari, pentas seni serta kegiatan lainnya. Bahkan Jumat malam, panitia kemah kedatangan Wabup M Ridho Suganda yang ingin menyaksikan keahlian personel Mata Ilang Band. Hampir dua jam, Wabup Edo melihat para penyandang disabilitas yang tergabung dalam Mata Ilang Band mempertontonkan keahliannya.

Wabup terlihat berkali-kali memberikan aplaus. “Pak Wabup sengaja kami undang untuk menyaksikan unjuk kabisa personel Mata Ilang Band,” kata Elon Carlan.

Elon mengatakan, Mata Ilang Band saat ini sebenarnya sudah bubar pasca personelnya lulus dari SLBN Taruna Mandiri. Namun untuk mengenang bagaimana besarnya perhatian dari almarhumah Hj Utje Ch Suganda yang merupakan ibu kandung Wakil Bupati Edo terhadap penyandang disabilitas, pihaknya kemudian mengumpulkan kembali personel Mata Ilang.

“Kami kemudian mengumpulkan para personel Mata Ilang yang sudah menyebar ke berbagai daerah. Grup ini memang sudah bubar karena personelnya tidak lagi sekolah di SLBN Taruna Mandiri. Alhamdulillah mereka bisa menampilkan kemampuan terbaiknya di hadapan pak wabup,” papar Elon.

Selain wabup, Bupati H Acep Purnama juga menyambangi lokasi acara Kemah Pramuka Luar Biasa. Kedatangan orang nomor satu di Kota Kuda itu disambut Kabag Kesa Setda, Toni Kusumanto, Kasubag PPO pada Bagian Kesra Setda, Wawan Kuniawan SIP MSi, pembina Yayasan SLBN Taruna Mandiri Elon Carlan dan Kepala SLBN Taruna Mandiri Jahari.

Bupati yang mengenakan seragam Pramuka menyaksikan langsung pentas seni yang ditampilkan para siswa sekolah luar biasa (SLB) dari seluruh wilayah di Kabupaten Kuningan. Bahkan bupati sempat menyanyi di hadapan ratusan penyandang disabilitas peserta kemah Pramuka yang terlihat gembira.

Menurut bupati, kegiatan Kemah Pramuka Luar Biasa ini sangat bagus dalam mendidik siswa penyandang disabilitas. Mereka juga mampu menjabarkan gerakan Pramuka. Bahkan para siswa ini memiliki kelebihan yang bermanfaat bagi dirinya sendiri.

“Saya menyaksikan langsung para peserta kemah Pramuka Luar biasa menunjukkan kebolehannya. Ada yang menampilkan pantomime, menyanyi, bermain musik, serta menari. Ini sangat luar biasa. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan kemah Pramuka di tengah keterbatasan fisik. Saya sangat mendukung kegiatan ini,” tegas bupati.

Harmonisasi yang dibangun oleh pemerintah daerah dengan penyelenggara pendidikan luar biasa, kata bupati, terus meningkat. Pemerintah daerah tetap konsens dalam melakukan pembinaan. Termasuk juga kegiatan kemah Pramuka Luar Biasa ini.

“Jujur saya sangat salut kepada Pak Elon. Kalau boleh menyebut, Pak Elon ini seperti barang antic. Dia mampu membina dan menjadi pionir dalam pendidikan inklusif di Kabupaten Kuningan.

Untuk Pak Kabag Kesra juga teruslah berkiprah dalam memajukan pendidikan luar biasa ini melalui program yang menyentuh langsung ke penyandang disabilitas,” sebut bupati. (ags)