Sekda Kuningan Ingatkan PNS untuk Disiplin

oleh -206 views
Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi tengah memantau fasilitas yang ada di RSUD Linggarjati. FOTO:AGUS PANTHER/RADAR KUNINGAN
Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi tengah memantau fasilitas yang ada di RSUD Linggarjati. FOTO:AGUS PANTHER/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN–Sekda Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi meminta agar seluruh aparatur pemerintah daerah dapat mencintai pekerjaan di masing-masing instansi pemerintahan. Jika cinta terhadap masing-masing pekerjaan, maka akan tumbuh kedisiplinan yang tinggi.

“Ketika kita mencintai pekerjaan pasti akan tumbuh kedisplinan, ketika tumbuh kedisplinan kita sudah merasa terbiasa untuk selalu berbudaya disiplin, dan saya yakin akan muncul inovasi, akan muncul kreativitas. Ketika kita mempunyai inovasi dan kreativitas dalam pekerjaan, maka ujungnya kita punya kesejahteraan dan karir yang bagus,” kata Sekda Dian kala meninjau RSUD Linggarjati, akhir pekan kemarin.

Dalam kesempatan itu, Sekda Dian melakukan monitoring langsung ke sejumlah ruangan di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah Linggajati. Ia langsung mengecek beberapa ruangan pelayanan, sambil berpesan kepada setiap pegawai untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Jadi sekali lagi, apabila kita mencintai pekerjaan sebagai Aparatur Sipil Negara, dimanapun kita ditempatkan pasti kita akan menyenangi, dan apabila kita mencintai pekerjaan, maka pasti akan tumbuh disiplin serta bertanggung jawab salah satunya diawali dengan apel pagi,” ujarnya.

Sekda juga menilai, bahwa monitoring yang dilakukan sebagai bahan evaluasi kedepan demi terciptanya budaya Gerakan Disiplin Daerah. Hal itu harus terus di maksimalkan di seluruh SKPD, khususnya yang terkait langsung dengan pelayanan masyarakat dan salah satu indikatornya mulai dari kehadiran apel pagi.

“Bagi saya, apel pagi merupakan hal yang penting untuk mengecek kekuatan sampai sejauh mana personel kita untuk siap melakukan pelayanan terhadap masyarakat. Dan saya akan terus melakukan koordinasi dengan seluruh jajaran mulai dari pucuk pimpinan sampai yang terendah,” tandasnya.

Menurut dia, untuk melaksanakan kedisiplinan ini tidak mudah untuk dilaksanakan. Namun membutuhkan proses melalui pendekatan dan pembinaan. “Karena bagi saya, sangat penting untuk rumah sakit dan seluruh SKPD lain agar selalu meningkatkan budaya disiplin, budaya bersih, budaya tertib, dan budaya kerja senantiasa untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” imbaunya.

Pihaknya juga berpesan, agar seluruh ASN selalu menjaga keutuhan NKRI sekaligus menjadi contoh bagi yang lain, untuk memegang teguh tentang Prasetya Korpri dalam memberikan pelayanan sebaik-baiknya pada masyarakat.

“Terkait dengan pelaksanaan GDD ini, sudah diatur dengan jelas atas dasar undang-undang mulai dari tingkat pusat sampai tingkat daerah, untuk selalu meningkatkan kedisiplinan di lingkungan RSUD Linggajati serta untuk selalu memberikan spirit kepada seluruh ASN lain,” terangnya. (ags)