Perhutani dan LMDH Tanam Jati di Tol Cipali

oleh -45 views
PENGHIJAUAN: Perhutani bersama LMDH Gantar melakukan penanaman pohon jati di sepanjang jalan Tol Cipali, (20/3). FOTO: KOMARUDIN KURDI/RADAR INDRAMAYU
PENGHIJAUAN: Perhutani bersama LMDH Gantar melakukan penanaman pohon jati di sepanjang jalan Tol Cipali, (20/3). FOTO: KOMARUDIN KURDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Perhutani bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Baru, menanam ribuan bibit pohon jati di sepanjang Jalan Tol Cipali, tepatnya di kilometer 36 Bantar Waru Kecamatan Gantar.

Gerakan tanam bibit pohon tersebut upaya penghijauan dan pelestarian hutan.

Asisten Perhutani, Brayudanto Hardiyadi, mengatakan, selain pelestarian hutan, kegiatan ini dalam rangka memperingati semangat hari bhakti rimbawan yang diperingati setiap tanggal 16 Maret.

Brayudanto mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menghijaukan sepanjang  kaki jalan tol sebagai jalur hijau.

“Karena di sepanjang Jalan Tol Cipali nampak gersang tanpa pepohonan, maka kami tanami pohon. Dengan adanya penghijauan ini kedepan di sepanjang Tol Cipali, khususnya di wilayah Gantar tidak lagi gersang,” ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakan Brayudanto, pihaknya akan terus melakukan observasi serta menjadikan lahan perhutanan Indramayu tetap Hijau dan terhaga kelestarianya. Bersama LMDH mengajak masyarakat melakukan patroli untuk pencegahan tiada henti mulai dari tingkat kapak.

“Kami lakukanini agar semua lapisan masyarakat dan para pihak memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan sekitarnya dari ancaman Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” paparnya.

Sementara itu, Ketua LMDH Wana Baru Omon mengatakan, ribuan pohon yang ditanam nantinya bisa memberikan manfaat bagi kehidupan. “Adanya pepohonan di sepanjang jalan tol, tentunya akan mencegah pencemaran yang ditimbulkan dari asap kendaraan,” katanya. (kom)