Pusdiklat CSI Sepi, Malam Diisi Pengajian

oleh -557 views
ASET CSI GROUP
Ilustrasi. Foto: Dok. radarcirebon.com

CIREBON-Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) CSI di Desa Pegagan, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, lengang. Tidak ada aktivitas. Jika malam hari, gedung megah itu digunakan untuk pengajian.

Keterangan itu disampaikan pihak keamanan setempat yang sedang berjaga, Slamet dan Yogi. Menurut Slamet, tak ada aktivitas di kantor Pusdiklat CSI. Hal itu karena pendataan terkait pengembalian dana nasabah sudah tuntas.

“Di sini hanya ada pekerja, satpam, dan OB (office boy). Tidak ada aktivitas kalau siang. Adanya nanti malam (tadi malam, red). Nasabah dan petugas setiap jam 9 malam melakukan pengajian rutin. Kalau mau tahu lebih jauh, mending tanyakan langsung ke petugas saat ada pengajian,” ujarnya.

Jumlah karyawan juga jauh menurun drastis. Slamet yang sudah bekerja selama 3 tahun itu mengatakan sebelum tersandung masalah, karyawan di Pusdiklat CSI lebih dari 1.000. Kini, hanya kurang dari 100 orang. Bahkan, kata Slamet, gaji atau upah pekerja yang masih bertahan mengalami penurunan. “Malah katanya mau dikurangin lagi (karyawannya, red),” katanya.

Pantauan Radar Cirebon di lokasi, sejumlah kendaraan roda 2 terpakir di halaman Pusdiklat CSI. Juga terdapat kendaraan roda 4. Dikatakan Slamet, kendaraan-kendaraan tersebut milik karyawan dan tetangga di sekitar CSI yang menitipkan karena tidak cukup ruang parkir di rumahnya. “Sebelum waktu pendatan nasabah, masih ada aktivitas. Petugas dan direksi juga masih pada datang. Sekarang sudah sepi,” katanya.

Hal senada dikatakan Yogi. Ia mengatakan aktivitas di Pusdiklat CSI hanya dilakukan pekerja. Yakni OB dan satpam. Yogi juga mengaku tidak mengetahui informasi yang lebih jauh soal CSI saat ini. Tidak jauh dari Pusdiklat CSI, ada mess yang dulunya diperuntukkan bagi para nasabah. Kini tidak berpenghuni. “Mess hanya sesekali ditinggali kalau ada nasabah yang selesai pengajian pulangnya kemalaman,” pungkas Yogi. (ade)