Hari Libur Tetap Beri Pelayanan, Disdukcapil Gencarkan Layanan Jemput Bola

oleh -135 views
TIDAK LIBUR: Petugas Disdukcapil Kabupaten Indramayu melayani warga Desa Malangsari Kecamatan Bangodua, Sabtu (23/3). FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU
TIDAK LIBUR: Petugas Disdukcapil Kabupaten Indramayu melayani warga Desa Malangsari Kecamatan Bangodua, Sabtu (23/3). FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Hari libur, tidak menghalangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Indramayu, H Moh Iskak Iskandar SSos MM mengatakan, program pelayanan jemput bola Disdukcapil Kabupaten Indramayu, menyasar daerah-daerah yang masih banyak warga yang tidak memiliki kelengkapan administrasi kependudukan seperti, e-KTP, KK, dan akta kelahiran.

“Pelayanan jemput bola agar Disdukacapil mendekatkan diri kepada masyarakat, dan mengingatkan kepada masyarakat pentingnya kelengkapan data kependudukan,” kata Iskak saat meninjau lokasi pelayanan jemput bola Disdukcapil di Desa Malangsari Kecamatan Bangodua, Sabtu (23/3).

Untuk itu, sambung Iskak, tidak ada hari libur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita terus mobile ke desa-desa yang masih banyak warga yang tidak memiliki kelengkapan administrasi pendudukan, seperti e-KTP, KK, dan akta lahir. Tiga dokumen ini sangat penting dan harus dimiliki warga,” ujarnya.

Dijelaskan Iskak, dalam pelayanan jemput bola di Desa Malangsari Kecamatan Bangodua, pihaknya melayani pemohon dan mencetak 87 e-KTP, 45 KK, dan 57 akta kelahiran, berikut melayani perubahan data diantaranya status perkawinan yang belum kawin jadi sudah, dengan dilengkapi akta nikah, dan anak yang belum masuk di kartu keluarga (KK) agar dimasukan kedalam KK.

“Untuk pemohon pembuat e-KTP, langsung cetak, sehingga masyarakat dapat memiliki kelengkapan dokumen kependudukan lengkap.

Kita juga akan terus gencar datang ke desa-desa untuk memudahkan masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan,” bebernya.

Sementara itu, Kuwu Malangsari Nasikin mengatakan, sebagai pemerintah desa sangat mengapresiasi program jemput bola pelayanan administrasi kependudukan yang terus dilakukan (Diadukcapil) Kabupaten Indramayu.

“Kami bangga karena waktunya libur justru tetap memberi pelayanan. Pemdes dan masyarakat desa menyambut baik langkah yang dilakukan Disdukcapil yang mempermudah pembuatan e-KTP, KK dan akta kelahiran,” katanya.

Diakuinya, dengan layanan jemput bola sangat mempermudah warga yang mayoritas berprofesi sebagai petani. (oni)