GMC Basketball Orbitkan Pemain Lokal asal Pabedilan

oleh -8 views
Nurlaela Azhara (depan) saat membela tim junior GMC di YBA Cup musim lalu. FOTO: TATANG RUSMANTA/RADAR CIREBON
Nurlaela Azhara (depan) saat membela tim junior GMC di YBA Cup musim lalu. FOTO: TATANG RUSMANTA/RADAR CIREBON

CIREBON–Generasi Muda Cirebon (GMC) Basketball kembali mengorbitkan salah satu pemain junior ke liga bola basket putri terbesar di Tanah Air. Ya, Nurlaela Azhara resmi bergabung dengan tim senior GMC di ajang Srikandi Cup 2018-2019. Lala –sapaan akrabnya– bisa diturunkan pada seri tiga di Semarang, Jawa Tengah, mulai 1 April mendatang.

Lala salah satu talenta muda terbaik Cirebon. Dimulai dari prestasinya di level pelajar bersama SMPN 1 Pabedilan, Kabupaten Cirebon, pebasket putri 17 tahun ini kemudian bergabung dengan tim junior GMC dan telah meraih berbagai prestasi, baik secara tim maupun individual.

Lala juga salah satu pemain termuda yang memperkuat tim basket putri Kota Cirebon di Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII/2018 lalu di Kabupaten Bogor. Bersama tim Porda, dia turut menyumbangkan medali perunggu bagi kontingen Kota Udang.

Saat tampil bersama GMC U-18 dalam YBA Cup musim lalu, Lala juga berhasil mencuri perhatian. Dia berhasil mengamankan satu gelar individual sebagai top scorer dengan total 60 poin. Statistik lainnya juga menunjukan hasil positif. Dia berada dalam lima besar perolehan assist dengan total 10 assist dan berada di peringkat kelima top steals, juga dengan perolehan 10 steals.

Performanya yang semakin menanjak bersama tim junior, membuat Manajer GMC Wahyu Gunarto memberikan kepercayaan besar kepada Lala untuk bergabung dengan seniornya. Dari segi usia, Lala memang sudah memenuhi persyaratan untuk bermain di liga basket putri nasional tersebut.

Dia pun sudah mulai bergabung latihan sejak pekan lalu. “Pemain muda yang potensial seperti Lala membutuhkan pengalaman yang lebih banyak di level nasional. Itu bagus untuk mengembangkan karir basketnya ke depan,” kata Gunarto.

Sebagai rookie dalam liga basket putri tertinggi di Indonesia, Lala tentu akan mendapat banyak pengalaman berharga. Selain bermain dengan rekan-rekan setimnya yang jauh lebih senior, dia juga akan menghadapi para pebasket putri nasional sebagai lawan di lapangan.

Atlet kelahiran Cirebon, 3 Juni 2002,  bersyukur mendapat kepercayaan tersebut. Dia senang sekaligus tertantang. “Selama ini saya berusaha sebaik mungkin mengikuti arahan pelatih. Berusaha keras memperbaiki kekurangan di setiap latihan. Saat dapat kesempatan masuk tim senior dan bermain di liga, tentu itu jadi kesempatan yang luar biasa bagi saya,” kata dia.

Ketua Umum Perbasi Kota Cirebon, H Deddy Slamet Bommel mengapresiasi langkah besar GMC yang selalu memberikan kesempatan kepada para pemain lokal untuk berkembang. “Dalam hal ini, peran GMC tentu sangat besar dalam pengembangan basket di Kota Cirebon,” kata dia. (ttr)