Perpusda Sumber Hadirkan Banyak Program

oleh -28 views
PERPUSTAKAAN BUKA TIAP HARI: Perpustakaan FOTO: NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON
PERPUSTAKAAN BUKA TIAP HARI: Perpustakaan FOTO: NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON

CIREBON-Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Cirebon yang berlokasi di Sumber, mempunyai peran sangat strategis dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sebagai wahana belajar sepanjang hayat mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi manusia berilmu, cakap, kreatif dan mandiri.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, Suhartono melalui Pustakawan Perpusda Kabupaten Cirebon, Tiar Andhi menyampaikan, untuk terus menghidupkan dan meramaikan, Perpusda kini memiliki banyak program. Mulai dari hand craft class, English for Kids, pelatihan komputer, mendongeng dan lain-lain.

“Melalui program ini, terwujud perpustakaan yang berdaya guna dan berhasil guna, menjadi pusat kegiatan belajar mengajar. Dan terbinanya anak didik menjadi gemar membaca, bisa membaca,” ungkap Tiar kepada Radar Cirebon,  (27/3).

Lebih lanjut, ujarnya, saat ini di Perpusda Kabupaten Cirebon memiliki 28.603 judul buku dan 50.097 eksemplar buku. “Kebiasaan membaca akan tumbuh apabila kita mendapatkan akses yang lebih banyak terhadap buku-buku.

Melalui adanya sudut baca di Perpusda dengan bahan bacaan yang sesuai, dan berfungsi secara optimal, maka akan membantu membangun cinta dan kebiasaan membaca,” ujar Tiar.

Lebih lanjut, pengunjung Perpusda mendapatkan keuntungan secara langsung dengan memiliki akses ke sudut baca. Karena mereka dapat mengeksplorasi banyak buku, pengalaman dan terlibat dalam banyak aktivitas membaca di sudut baca itu.

“Selain pengunjung Perpusda Kabupaten Cirebon bebas memilih bacaan, di sini juga ada banyak program gratis untuk mengasah minat dan bakatnya. Seperti halnya, kelas merajut, hand craft class, English for Kids, pelatihan komputer dan lain-lain. Saat ini Perpustakaan juga buka tiap hari, dari Senin sampai Minggu,” katanya.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Perpustakaan, H Harcan SSos mengatakan, untuk mempromosikan dan menumbuhkan minat baca khususnya kalangan pelajar, pihaknya telah melakukan beberapa upaya.

Di antaranya, mengadakan perpustakaan keliling yang dijadwalkan Senin hingga Kamis, mempromosikan dengan kegiatan merajut, dan kunjungan dari sekolah pada hari Selasa hingga Kamis.

“Dengan dilakukannya berbagai upaya tersebut, kami berharap masyarakat dapat lebih mengetahui keberadaan perpustakaan yang ada di Kabupaten Cirebon dan sadar akan pentingnya budaya literasi sebagai ilmu pengatahuan,” imbuhnya. (via)