Karang Taruna Pelopor Kemajuan Desa

oleh -60 views
PENGUKUHAN: Wabup M Ridho Suganda saat menghadiri pelantikan pengurus Karang Taruna Desa/Kecamatan Jalaksana. FOTO: agus panther/radar kuningan
PENGUKUHAN: Wabup M Ridho Suganda saat menghadiri pelantikan pengurus Karang Taruna Desa/Kecamatan Jalaksana. FOTO: agus panther/radar kuningan

KUNINGAN – Eksistensi Karang Taruna semakin dikenal di masyarakat. Bahkan Karang Taruna kerap menjadi pelopor dalam pemberdayaan masyarakat di desa. Tak heran jika Karang Taruna mendapat perhatian lebih lantaran kiprahnya di tengah masyarakat.

Hal ini pula disadari oleh Wakil Bupati M Ridho Suganda SH MSi. Putra bungsu mantan bupati dua periode, H Aang Hamid Suganda itu menghadiri acara pelantikan Forum Karang Taruna Kecamatan Jalaksana, Kamis (28/3). Pelantikan kepengurusan Karang Taruna ini diikuti oleh seluruh pengurus tingkat desa yang ada di Jalaksana.

Pelantikan Forum Karang Taruna Jalaksana masa bakti 2019-2023 yang diketuai Dede Supriadi itu disaksikan langsung Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan Drs Ade Priatna MSi.

“Selamat atas dilantiknya sebagai pengurus Karang Taruna, semoga dapat mengemban amanah dengan baik,” kata Wabup Edo sapaan akrab Wakil Bupati Kuningan saat memberikan sambutan.

Wabup mengajak Karang Taruna agar generasi muda mampu mengembangkan peluang yang ada di daerahnya masing-masing, dengan pemanfaatkan sumber daya alam dan pemberdayaan sumber daya manusia.

Sekaligus mampu membaca peluang dengan perkembangan saat ini, sehingga pada akhirnya akan berdampak pada kesejahteraan sosial.

“Dalam menjalankan roda organisasi Karang Taruna, ciptakan rasa nyaman agar dalam menjalankan tugas berjalan dengan baik, bangun kebersamaan, lakukan komunikasi dengan pemerintah kecamatan dan desa. Lalu yang paling penting, jalin hubungan dengan komponen yang ada di masyarakat,” pesan Edo.

Menurutnya, Karang Taruna adalah organisasi yang ada di tengah-tengah masyarakat dengan peran dan fungsi sebagai komponen bangsa, dalam membangun kemitraan pembangunan kesejahteraan sosial dan perekat persatuan dan kesatuan.

“Berikan ruang untuk Karang Taruna, juga anggaran untuk pemberdayaan generasi muda ini. Karena ketika diberikan kesempatan, saya yakin  mereka mampu membangun daerahnya dengan inovatif dan kreatif tanpa melupakan kearifan lokal,” ujarnya.

Wabup Edo mengimbau agar Karang Taruna berkomitmen dan berdampingan dengan pemerintah desa dan kecamatan, untuk kerja bareng membangun Kuningan yang sejalan dengan visi Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023.

Sementara itu, Ketua Forum Karang Taruna Jalaksana Dede Supriadi berharap, agar ke depan kepengurusan organisasi kepemudaan yang kini dipimpin dapat menjadi wadah bagi Karang Taruna Desa di Kecamatan Jalaksana.

Semoga kinerja organisasi dapat berjalan sinergis, sekaligus dapat mensukseskan program visi misi pemerintah daerah menuju Kuningan Maju berbasis Desa 2023.

“Semoga dengan kepengurusan baru ini, bisa lebih sinergis dengan lembaga-lembaga yang ada di Kecamatan Jalaksana maupun tingkat kabupaten. Sehingga bisa memfasilitasi Karang Taruna yang ada di desa-desa, serta pengurus Karang Taruna di tingkat desa bisa diakui keberadaannya oleh pemerintahan desa itu sendiri,” pungkas dia. (ags)