Bergerak Bersama Padamkan Lampu Selamatkan Bumi

oleh -13 views
Earth-Hour-2019-oke
SERIBU LILIN: Suasana Earth Hour di Aston Cirebon Hotel, Sabtu (30/3). Pihak hotel menyiapkan seribu lilin untuk mendukung gerakan pemadaman lampu selama satu jam. Foto: Okri Riyana/Radar Cirebon

Perubahan iklim dan masalah lingkungan yang terjadi di bumi ini belakangan menjadi konsen banyak pihak. Termasuk juga pemerintah, instansi swasta dan masyarakat Kota Cirebon. Kemarin (30/3), berbagai pihak di Kota Cirebon ikut memperingati kampanye global earth hour atau aksi satu jam menyelamatkan bumi lewat pemadaman lampu.

—-

Lilin-lilin itu menyala di area Aston Cirebon Hotel, kemarin. Bukan hanya satu. Tetapi seribu lilin. Bukan tanpa sebab, langkah ini dilakukan sebagai upaya Aston Cirebon Hotel menyelamatkan bumi dalam peringatan earth hour.

Public Relation Aston Cirebon Hotel and Convention Center, Litania Putri Utami menyebutkan, aksi pemadaman dilakukan di beberapa area hotel seperti kolam renang, lobby dan nana land. Sejumlah alat elektronik yang tidak diperlukan juga ikut dimatikan.

“Kami mengajak seluruh tamu untuk berpartisipasi dalam momentum earth hour ini. Selain pemadaman, kami juga mengedukasi tamu hotel tentang pentingnya melawan perubahan iklim ini,” tuturnya.

Sementara, Chief Engineering Aston Cirebon Hotel, Sardoyo menjelaskan, pemadaman listrik selama satu jam di area hotel mampu menurunkan beban listrik hingga 7.500 watt.

Serupa dengan Aston, Swiss-Belhotel juga turut mengikuti kampanye global Earth Hour. Secara internal, Swiss-Belhotel International yang merupakan induk dari Swiss-Belhotel Cirebon memiliki tema Change The Way We Live sebagai gerakan untuk menyelamatkan bumi. Dalam gerakan ini, karyawan Swiss-Belhotel didorong untuk memanfaatkan barang bekas dan membuat karya.

“Pada perayaan earth hour ini, kami juga melakukan pemadaman satu jam. Manusia selama ini memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada di bumi. Untuk itu sekarang saatnya kita memperhatikan bumi. Salah satunya dengan bijak mengggunakan listrik dan memanfaatkan barang-barang daur ulang,” jelas Public Relation Swiss-Belhotel Cirebon, Novita.

Terpisah, Ibis Budget Cirebon juga melakukan aksi serupa. General Manager Hotel Ibis Budget Cirebon, Ricky Coen Arifin menjelaskan, earth hour adalah komitmen AccorHotels dalam menyelamatkan bumi dan mengefektikan energi.

Selain earth hour, Ricky menyebutkan Accor juga memiliki program untuk bumi lainnya, yakni Planet 21 Acting Here. Pada program ini, Accor selaku operator hotel melakukan positive hospitality dimana bukan hanya berfokus pada pelayanan tamu hotel. Tetapi juga dalam hal penyelamatan bumi.

“Program ini sebagai inovasi dalam menyelamatkan bumi lewat penggunaan energi secara bijak, penanaman pohon, mendukung kultur lokal dan pemberdayaan manusia secara efektif. Lewat program ini, kami mendukung kelestarian lingkungan yang berkelanjutan,” jelasnya. (okri riyana)