Siswa SMPN 3 Pakai Tablet untuk Ujian

oleh -42 views
Siswa-Mengerjakan-Soal-dengan-Tablet
Siswa Kelas IX SMPN 3 Kota Cirebon mengerjakan soal ujian dengan menggunakan tablet, Senin (8/4). FOTO: DOK. RADAR CIREBON

CIREBON-Ujian di sekolah lambat laun akan sepenuhnya menggunakan komputer. Penggunaan kertas soal dan jawaban mulai ditinggalkan, karena lebih efektif dan murah.

Kepala SMPN 3 Cirebon Enny Diah Sajektie mengatakan, pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2018/2019 ini, siswanya sudah memakai atau berbasis komputer dan smartphone berupa tablet untuk mengerjakan soal sekaligus menjawabnya.

Tablet tersebut merupakan bantuan Disdik Kota Cirebon Tahun anggaran 2015/16. Dengan jumlah 40 unit dan satu cadangan. “Tablet ini bisa dimanfaatkan siswa untuk ujian,” ujarnya kepada Radar Cirebon di ruang kerjanya.

Terkait kendala, Enny sudah mengantisipasi dengan petugas IT sekolah. Jadi sebelum ujian, tablet di-upgrade dari segi sistemnya. Sehingga bisa mengakses jaringan server sekolah. Begitu juga dengan jaringan, tidak ada kendala karena baik siswa yang menggunakan komputer dan laptop maupun tablet bisa masuk ke jaringan server.

Dengan jumlah siswa kelas IX yang berjumlah 244, dan 3 lab komputer, ujian dibagi menjadi dua sesi. Penggunaan tablet ini, kata dia, hanya untuk ujian lokal saja seperti USBN. Lain halnya lagi UNBK, hanya menggunakan komputer saja. Karena ini sudah aturan dari Kemendiknas.

Enny juga mengungkapkan, penggunaan dan pemanfaatan tablet di sekolah yang dipimpinnya merupakan pertama kalinya di Kota Cirebon. Walaupun letak sekolah dan dipinggiran kota, namun kemampuan teknologi pengajar, staf dan siswa tidak kalah dengan sekolah di tengah kota.

“Kadisdik pun mengapresiasi dan mendukung langkah kita. Setelah itu kemudian ditiru oleh SMP lain, bahkan ada SMA yang tanya kepada kita untuk mengaplikasikan ujian di SMA” pungkasnya. (gus)