80 Persen Laksanakan UNBK Secara Mandiri

oleh -3 views
den-ist-UNBK-dan-USBN-(6)
Siswa paket B mengikuti UNBK. FOTO:IST

CIREBON-Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon memastikan hampir semua SMP yang ada di Kabupaten Cirebon melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Khusus Kabupaten Cirebon, terdapat 80 persen sekolah yang melaksanakan UNBK secara mandiri.

Kabid SMP Disdik Kabupaten Cirebon, Dr Mashuri MPd kepada Radar Cirebon mengatakan, dari 197 SMP, sebanyak 196 sekolah negeri dan swasta sudah bisa melaksanakan UNBK tahun ini. “SMP di Kabupaten Cirebon hampir seluruhnya melaksanakan UNBK.

Hanya satu sekolah swasta yang masih Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Tapi tahun depan akan kita coba,” ujarnya, (12/4).

Dari 196 SMP yang melaksanakan UNBK, ada 80 persen sekolah yang sudah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri. Sementara 20 persen SMP masih ujian menumpang kepada sekolah lain.

Dengan 80 persen sekolah yang melakukan UNBK secara mandiri di tahun 2019 ini, tentu ada kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Sedangkan tahun sebelumnya, 40 persen sekolah yang ujian mandiri dan 60 persen sekolah ujian menumpang,” tuturnya.

Mashuri mengungkapkan, permasalahan yang ada pada 20 persen sekolah yang masih melakukan UNBK dengan menumpang. Selain memastikan jaringan internet dalam kondisi baik, pihaknya juga bekerja sama dengan PLN dalam mengamankan listrik ketika UNBK berlangsung.

“Kita sudah bekerja sama, baik dengan PLN terkait ketersediaan listrik dan juga operator seluler untuk amankan jaringan internet. Mashuri mengatakan, ada sekitar 25 ribu siswa SMP di Kabupaten Cirebon yang akan melaksanakan UNBK. Untuk siswa SMP yang mengikuti UNBK, total ada sekitar 25 ribuan siswa. (den)