Penghuni Lapas Kuningan Ikut Nyoblos

oleh -5 views
PENGHUNI-LAPAS-KUNINGAN-IKUT-NYOBLOS
BISA NYOBLOS: Salah satu penghuni Lapas Kuningan memberikan hak pilihnya di TPS 44, Rabu (17/4). Foto: M Taufik/Radar Kuningan

KUNINGAN – Ratusan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kuningan melakukan pencoblosan di dua TPS yang disediakan KPU, Rabu (17/4). Sesuai jadwal, pemungutan suara di Lapas Kuningan digelar mulai pukul 07.00 WIB.

Satu per satu penghuni Lapas mendatangi TPS dengan membawa surat panggilan dari KPU dan mendapatkan surat suara. Namun tidak semua penghuni lapas mendapatkan lima lembar surat suara, karena banyak di antaranya bukan warga yang masuk Dapil I Kuningan sehingga ada yang dapat empat hingga hanya satu surat suara saja.

Ketua KPPS 44 Lapas Kuningan Ratri Handoyo mengatakan, jumlah keseluruhan DPT Lapas Kuningan sebanyak 268 ditambah 69 pemilih tambahan (DPTb) dibagi dalam dua TPS yaitu TPS 44 dan 45. Pembagian TPS untuk para pemilih, dibagi berdasarkan blok yaitu blok bawah sebanyak 172 Napi yang sudah masuk DPT ditambah sembilan napi yang masuk DPTb mencoblos di TPS 44 dan untuk penghuni blok atas di TPS 45 yang bertempat di dalam aula lapas.

“Alhamdulillah seluruh penghuni lapas yang memenuhi syarat masuk dalam DPT dan DPTb bisa menyalurkan hak pilihnya. Hingga pukul 12.00 WIB, seluruh pemilih yang tercatat tersebut sudah selesai melakukan pencoblosan, dilanjut untuk napi tambahan dan pegawai lapas,” ujar Ratri.

Sementara itu,  Kepala Lapas Kuningan Samsul Hidayat mengatakan, untuk memberikan suasana berbeda pelaksanaan pemungutan suara di Lapas Kuningan kali ini dua TPS tersebut didekorasi unik. Yaitu untuk TPS 44 dihias dengan tema hajat pernikahan lengkap dengan janur kuning di pintu masuk sedangkan di TPS 45 di dalam ruangan aula dihias tema sunatan.

“Dekorasi dibuat bersama-sama pegawai lapas dan juga warga binaan. Ini untuk membuat suasana berbeda, agar para warga binaan yang akan memberikan hak pilihnya merasa senang dan penuh suka cita,” ujar Samsul.

Salah seorang warga binaan Lapas Kuningan Tatang mengaku senang bisa menyalurkan hak pilihnya sekalipun dalam masa tahanan. Tatang mengaku telah mencoblos capres-cawapres jagoannya dan berharap menang.

“Tapi siapa pun yang menang nanti, saya berharap pemilu ini bisa menghasilkan pemimpin yang bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Begitu juga untuk wakil rakyat yang terpilih, semoga bisa amanah membawa aspirasi rakyat,” ujar Tatang. (fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *