Soal Perolehan Suara, Eti Bilang Tunggu Saja Hasil KPU

oleh -22 views
Ketua DPD Partai Nasdem Kota Cirebon Eti Herawati menjawab pertanyaan wartawan. FOTO:ABDULLAH/RADAR CIREBON
Ketua DPD Partai Nasdem Kota Cirebon Eti Herawati menjawab pertanyaan wartawan. FOTO:ABDULLAH/RADAR CIREBON

CIREBON-Progres penghitungan suara pemilu di Kota Cirebon menipiskan harapan Partai Nasdem untuk kembali menjadi pimpinan dewan. Tiga partai teratas adalah Gerindra, PDIP, dan Demokrat. Tapi, Nasdem masih santai menghadapi situasi ini karena ketetapan resminya ada di KPU.

Ketua DPD Partai Nasdem Kota Cirebon Eti Herawati menegaskan pihaknya menunggu hasil rekapitulasi dari KPU. Kalaupun sempat muncul angka perolehan suara, ia mengatakan itu masih bersifat quick count. “Kita tunggu saja KPU,” kata Eti kepada sejumlah wartawan.

Eti enggan berandai-andai. Klaim perolehan suara yang sempat mengemuka di media, baik dari Nasdem atau parpol lain, dianggapnya sebagai sesuatu yang wajar di alam demokrasi. Karena, lanjutnya, keputusannya tetap ada di KPU. “Saya tidak mau berandai-andai. Kita tunggu KPU saja,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Cirebon M Handarujati Kalamullah menegaskan pihaknya sudah mengunci posisi ketiga dalam raihan suara terbanyak Pileg Kota Cirebon. Artinya, Demokrat akan mengisi kursi terakhir Wakil Ketua DPRD 2019-2024.

“Kami masih dalam proses menuntaskan penghitungan suara berdasarkan C1 tiap TPS. Sebentar lagi selesai, karena masih ada beberapa TPS yang belum masuk datanya. Tapi untuk sementara ini perolehan suara kita sudah berada di posisi ketiga, di bawah Partai Gerindra dan PDIP,” jelasnya, kemarin.

Dikatakan, raihan suara Demokrat untuk Dapil I Kejaksan-Lemahwungkuk 6.784 suara atau 1 kursi dan berpeluang 2 kursi, di Dapil II Harjamukti mendapatkan 6.142 suara atau 1 kursi, dan Dapil III Kesambi-Pekalipan meraup 8.966 suara atau 2 kursi. Sehingga jumlah sementara yaitu 21.892 suara atau dapat 4 kursi dan berpeluang 5 kursi.

Politisi partai berlambang mercy yang akrab disapa Andru ini mengaku tak merilis hasil penghitungan perolehan suara partai lain. Namun dari internal partainya yang menghitung suara, posisi pertama Partai Gerindra, kedua PDIP, posisi tiga Demokrat, dan  Nasdem di posisi empat.

Hasil ini, lanjutnya, berkat kerja keras jajaran pengurus, para kader dan simpatisan yang militan. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang sudah mengamanahkan suaranya ke Partai Demokrat. “Hasil ini sesuai target masuk tiga besar dan bisa melebihi target perolehan kursi. Selanjutnya sudah mengamankan posisi wakil ketua DPRD,” tandasnya. (abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *