Di Kabupaten Cirebon, PDIP dan Nasdem Yakin Masih Dapat Kursi DPRD

oleh -52 views
ILUSTRASI

CIREBON-Perolehan suara partai politik pada Pemilu 2019 di Kabupaten Cirebon terus bergerak. Peluang kursi wakil rakyat pun masih dinamis. Masing-masing partai politik masih saling klaim. DPC PDIP Kabupaten Cirebon salah satunya. Partai pemenang Pemilu 2014 mengklaim perolehan suara tetap 11 kursi untuk DPRD Kabupaten Cirebon.

Wakil Ketua Informasi dan Komunikasi (Infokom) DPC PDIP Kabupaten Cirebon Suminta membantah jika suara PDIP mengalami penurunan. Berdasarkan hasil tabulasi suara di internal partai, kata Suminta, jelas menunjukkan perolehan suara sementara masih aman di angka 11 kursi.

“Untuk daerah pilihan (Dapil) I, II, dan III kami PDIP tetap mendapatkan dua kursi. Sementara Dapil IV berdasarkan hitung-hitungan, meskipun ada kenaikan suara, namun tetap satu kursi. Sama halnya dengan Dapil V tetap satu kursi,” katanya.

Sedangkan untuk Dapil VI, sambung Suminta, kursi PDIP mengalami penurunan. Jika sebelumnya sebanyak dua kursi, kini menjadi satu. Penyebabnya, lanjut Suminta, salah satu calon petahana tak maksimal menggenjot suara lantaran sakit. “Meskipun di Dapil VI itu merupakan basis PDIP, tapi yang kerja cari suara cuma tiga. Dengan demikian, suara PDIP di Dapil VI kurang signifikan,” terangnya.

Pria yang akrab disapa Jiyum itu mengaku hilangnya kursi di Dapil VI bisa ditutupi dari perolehan suara di Dapil VII.  Sebab, semua caleg kerja. “Jadi suara PDIP di sana cukup bagus. Dimungkinkan PDIP dapat 2 kursi,” katanya.

Caleg petahana Dapil I itu meminta prediksi yang dibuat harus sesuai data. Sebab, berdasarkan data yang masuk di internal DPC PDIP, pihaknya tetap 11 kursi. “Artinya hasil penghitungan sementara PDIP belum mengalami penurunan kursi,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *