Gerindra Proses Calon Ketua DPRD Kota Cirebon

oleh -20 views
dprd-kota-crb
Gedung DPRD Kota Cirebon. Foto: Dok. radarcirebon.com

CIREBON-Hasil Pileg 2019 di Kota Cirebon menempatkan  Gerindra di urutan teratas. Posisi ketua DPRD pun bakal diambil alih dari PDIP. Atas hal tersebut, Sekretaris DPC Gerindra Kota Cirebon DR Heru Cahyono mengatakan mekanisme dan ketentuan penetapan ketua DPRD akan diproses di internal Gerindra.

“Untuk calon ketua dewan dari Gerindra, masih kita proses dan akan segera dirapatkan di internal. Jadi belum, belum kalau untuk itu (belum ditetapkan, red). Kita tunggu penetapan resmi KPU, sambil kita berproses siapa yang memenuhi kriteria dan syarat untuk ketua dewan ke depan,” katanya.

Ia kembali mengatakan rasa syukurnya karena Gerindra dipercaya masyarakat. Dan, meski masih menunggu penghitungan dan penetapan resmi KPU Kota Cirebon untuk hasil Pileg 2019 DPRD, Heru memastikan pihaknya mendapatkan 2 kursi di masing-masing dapil. Tapi, kata dia, bisa juga bertambah. Untuk Dapil II Harjamukti misalnya, Heru memastikan kursi dewan untuk dr Tresnawati dan Mahfud Baghowi.

Data yang dimiliki Gerindra, dr Tresnawati 2.620 suara, Mahfud Baghowi 1.951 suara dan Ruri Tri Lesmana 1.903 suara. “Seauai urutan perolehan suara terbanyak di Gerindra, bisa mendapat 2 kursi di Harjamukti, yakni untuk Tresna dan Baghowy. Saya pastikan tidak akan berubah posisinya,” ungkapnya.

Masih kata Heru, untuk Dapil I Kejaksan-Lemahwungkuk dan Dapil III Kesambi-Pekalipan peluang menambah kursi masih terus dipantau. “Mungkin saja terjadi. Kan tidak ada yang tidak mungkin. Alhamdulillah dengan capaian yang ada, Gerindra dipercaya oleh masyarakat Kota Cirebon,” paparnya.

Terpisah, caleg Gerindra Dapil III Yundi Rosawaspada, masih optimistis masuk Griya Sawala. Berdasarkan penghitungan suara sesuai C-1 oleh Bapilu DPC Partai Gerindra Kota Cirebon, khususnya di Dapil III Kecamatan Kesambi-Pekalipan, Gerindra mendapatkan 9.840 suara. Perolehan suara itu sampai hasil akhir rekapitulasi di tingkat PPK Kecamatan Kesambi akan terus bergerak naik.

“Dapil III berdasrakan hitungan Bapilu Gerindra mendapatkan 3 kursi, dan kursi ketiga kabarnya saya yang meraihnya,” kata Yundi, kemarin. Namun demikian, lanjutnya, pihaknya tetap menunggu proses sampai di tingkat KPU. “Saya di urutan ketiga menurut perhitungan Bapilu DPC Gerindra. Suara saya di angka 600-an,” tegasnya.

Pria yang aktif di FKPPI ini optimis mendapatkan ranking ketiga. “Rekap saya itu 600 lebih, rekap Bapilu DPC antara 600-700 suara. Penambahan suara Gerindra terus naik hingga sekarang mencapai 9.840. Kemungkinan ada tambahan lagi karena rekapitulasi suara di Kecamatan Kesambi yang belum rampung semua. Saya memprediksi Gerindra Dapil III suaranya akan mencapai 10 ribu,” ucap Yundi.

Ketua Bapilu DPC Partai Gerindra Kota Cirebon Asep Kurnia mengatakan perolehan suara Partai Gerindra  sudah mendekati angka 29 ribu suara. Angka tersebut sangat jauh melebihi target. Bahkan di Dapil III Gerindra  memiliki peluang besar menambah 1 kursi lagi atas nama dan Yundi.

Menurut Asep, dari 319 TPS di Dapil III, penghitungan suara sementara Gerindra mencapai 9.840. Dengan perolehan angka tersebut, maka memiliki kemungkinan dapat tembus di angka 10 ribu. “Kita masih ada peluang dapat satu kursi lagi, ada di dapil tiga. Ada caleg atas nama Yundi Rosawaspada dan Suhaili di sana. Keduanya berpeluang,” lanjut Asep.

Dengan demikian, kata Asep, Gerindra akan terus melakukan pengawalan agar suara Gerindra di Kota Cirebon tetap utuh sampai ditetapkan oleh KPU di tingkat kota. “Kita akan kawal suaranya agar suara Gerindra tetap utuh. Saksi-saksi juga terus kita pantau, kita perkuat pengawalan,” tambah Asep. (rls/abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *