Lestarikan Warisan Tradisi Lokal, Pemdes Lobener Lor dan Wismilak Helat Mapag Sri

oleh -67 views

INDRAMAYU-Pemerintah Desa Lobener Lor Kecamatan Jatibarang Indramayu bertekad  melestarikan warisan tradisi atau adat istiadat yang ada di tengah masyarakat.

Salah satunya kegiatan mapag sri sebagai bentuk rasa syukur pasca musim panen tahun 2019.

Mapag sri  tahun sekarang ini, bisa dibilang cukup meriah apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Untuk menghibur masyarakat sekitar, panitia menggelar pentas seni meliputi pertunjukan sandiwara semalam seuntuk,” kata Kuwu Desa Lobener Lor, Mahpudin kepada Radar Indramayu di sela-sela kegiatan mapag sri.

Kemeriahan kegiatan adat desa ini didukung penuh oleh PT Wismilak Inti Makmur Tbk sebagai perusahaan rokok ternama di Indonesia. Hal  ini sebagai bentuk kepedulian Wismilak dalam ikut serta melestarikan budaya lokal di Indramayu.

“Setiap tahunnya Wismilak selalu mendukung kegiatan di masyarakat. Terutama kegiatan adat istiadat desa baik mapag sri, unjungan maupun lainnya,” tegasnya.

Mahfudin menegaskan, apa yang selama ini dilakukan Wismilak patut diapresiasi oleh seluruh elemen masyarakat di Kota Mangga.

Karena, lanjut Mahfudin, Wismilak selalu hadir dalam setiap kegiatan adat desa sesuai dengan tagline-nya adalah Wismilak selalu menjaga warisan tradisi atau budaya lokal.

“Yang pasti, kehadiran Wismilak dalam setiap event yang terkait dengan tradisi masyarakat  ia selalu hadir. Tak heran jika rokok Wismilak, sudah menjadi pilihan masyarakat,” katanya.

Perwakilan PT Wismilak Tbk Wilayah Indramayu Agung Nugraha, mengaku bangga dan terharu dengan masyarakat Indramayu yang selalu komitmen dalam menjaga adat dan budaya di tengah masyarakat.

Sebagai komitmen Wismilak, pihaknya ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pesta adat desa di sejumlah wilayah di Kabupaten Indramayu.

Hal ini, lanjutnya, merupakan komitmen perusahannya guna bersama-sama melestarikan tradisi atau adat lokal.

“Wismilak tangguh bela tradisi ini jadi motto kami, yang sudah lebih dari 55 tahun ikut serta menjaga dan melestarikan tradisi,” ungkapnya seraya menegaskan bahwa tagline Wismilak yaitu yang bernilai tak pernah berubah. (dun/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *