Disnaker Kota Cirebon Lepas 4 Perawat ke Jepang

oleh -17 views
Kepala Disnaker Agus Sukmanjaya (tengah) bersama tenaga perawat yang akan diberangkatkan ke Jepang. FOTO:ABDULLAH/RADAR CIREBON
Kepala Disnaker Agus Sukmanjaya (tengah) bersama tenaga perawat yang akan diberangkatkan ke Jepang. FOTO:ABDULLAH/RADAR CIREBON

CIREBON-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cirebon kembali melepas tenaga kerja terampil ke luar negeri. Untuk kali ini, ada empat perawat magang yang diberangkatkan ke Jepang.

Kepala Disnaker Kota Cirebon Agus Sukmanjaya S Sos menjelaskan, selama di Jepang mereka akan bekerja di rumah sakit dan panti lansia. Sebelum berangkat, para perawat ini harus melalui seleksi  termasuk kursus bahasa Jepang sekitar 6 bulan. “Mereka di sana terikat kontrak kerjanya selama 3 tahun, tapi tetap bisa cuti setiap tahunnya,” jelasnya dalam rilis yang diterima Radar Cirebon.

Pemberangkatan tenaga kerja terampil ini sebenarnya ada dua skema, yakni  government to government (G to Gi) dan business to business (B to B). Setiap tahun dibuka sekitar 300 orang seluruh Indonesia dan khusus keperawatan. “Seleksinya ketat. Karena yang kita kirimkan ini tenaga terampil,” tuturnya.

Keempat tenaga kerja magang ini, kata Agus, 1 orang warga kota, 3 orang warga Indramayu dan mereka mengikuti pelatihan di lembaga yang berada di Kota Cirebon. Mereka selama bekerja akan mendapatkan gaji Rp16 juta per bulan walaupun mereka statusnya magang. (abd/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *