Khamimah Pebatik Indobatik Ciwaringin Binaan Indocement Raih Juara 2 Lomba Batik Tingkat Nasional

oleh -32 views

CIREBON-Khamimah, pengrajin batik asal Blok Kebon Gedang, Desa/Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon mewakili Kabupaten Cirebon dalam ajang Lomba Membatik Tingkat Nasional yang berlangsung pada 2-4 Juli lalu di Musium Batik Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Dalam lomba yang digelar Dirjen PAUD Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Asosiasi Profesi Batik dan Tenun Nusantara (APBTN),  Khamimah menampilkan karya batik berjudul “Ratu Udang”.

“Karya batik tersebut dituangkan dalam bentuk kain selendang dan menggunakan pewarna alami yang ramah lingkungan,” ungkap Nursalim selaku Ketua Koperasi Anugrah Batik Ciwaringin Binaan Indocement yang terkenal dengan Indobatik Ciwaringin.

Batik berbentuk selendang menggunakan pewarna alami ini, menurut Salim, dibuat sesuai dengan ketentuan panitia, yaitu membatik selendang dengan pewarnaan ramah lingkungan. Adapun temanya adalah Ratu Udang bernuansa kedaerahan karena Cirebon terkenal dengan Kota Udang.

Keikutsertaan Khamimah di lomba batik Nasional adalah hasil dari seleksi  pengrajin batik yang ada di Indobatik Ciwaringin. “Khamimah adalah pengrajin batik  yang sangat kreatif dalam men-design batik dan mencipkan motif atau corak serta pewarnaan yang sangat sempurna dengan menggunakan pewarna alami yang ramah lingkungan. Di lomba batik tingkat nasional ini Khamimah mampu bersaing dengan 15 peserta dari 10 provinsi,” kata Farhan pendamping Khamimah selama lomba,

.Khamimah  mengaku kegembiraan dan ucapan terima kasih  kepada Koperasi Anugrah Batik, APBTN dan Indocement atas binaan yang didapat dari pelatihan membatik dengan menggunakan pewarna alami  sehingga mampu mengukir  prestasi juara ke 2.

“Alhamdulillah, saya menraih juara dua lomba batik tingkat nasional. Tema yang saya ambil adalah Ratu Udang yang bernuansa laut Cirebon dan Cirebon yang terkenal dengan  sebutan Kota Udang,” tuturnya. (rdh)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *