Pendongeng Kak Jums Tampil di Kelurahan Sukapura

oleh -24 views
DONGENG :Road Show Dongeng di tingkat RW Kelurahan Sukapura Kota Cirebon dalam rangka RW Layak Anak. Minggu (21/7/2019)
DONGENG :Road Show Dongeng di tingkat RW Kelurahan Sukapura Kota Cirebon dalam rangka RW Layak Anak. Minggu (21/7/2019)

CIREBON – Kelurahan Sukapura Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon menggelar kegiatan program pembinaan LKK kelurahan Sukapura Kota Cirebon dengan menggelar Road Show Dongeng di tingkat RW Kelurahan Sukapura Kota Cirebon dalam rangka RW Layak Anak. Minggu (21/7/2019).

Lurah Sukapura Kota Cirebon Achmad Muhaimin menjelaskan kegiatan road show dongeng di RW  Sukapura Kota Cirebon dengan tujuan pembentukan karakter anak bangsa dengan menampilkan Pendongeng Anak Cirebon yaitu Kak Jums dengan melakukan kegiatan di 10 RW di Kelurahan Sukapura Kota Cirebon.

Kegiatan road show dongeng di 10 RW yang dilaksanakan dari tanggal 15 Juli sampai 25 Juli 2019 ini tujuannya adalah pembentukan RW Layak Anak di Kelurahan Sukapura Kota Cirebon.

“Orangtua cenderung menggunakan gadget untuk menghibur dan menenangkan anak-anak mereka.” Ungkap Muhaimin

Muhaimin mengatakan anak adalah manivestasi bangsa yang sejak usia dini perlu didorong perkembangannya secara motorik dan psikomotorik, karena pada usia dini ini, perkembangan anak ditentukan.

Mendongeng merupakan warisan leluhur yang bisa menjadi sarana untuk melatih imajinasi dan kreativitas secara natural, sehingga mereka bisa menjadi orang-orang yang berkualitas saat dewasa.

“Bagaimanapun karakter anak harus dibentuk secara alami melalui proses yang seharusnya dilaluinya pada dimensi-dimensi waktu tertentu. Ada begitu banyak buku dongeng yang bisa dijadikan inspirasi bagi orang tua untuk mendongengkan anaknya,” katanya.

 

Sementara itu Pendongeng anak Kak Jums yang melakukan Road show di tingkat RW Kelurahan Sukapura Kota Cirebon mengatakan bahwa para orang tua diharapkan dapat membudayakan mendongeng kepada anak-anaknya, karena dinilai sangat penting dalam tumbuh kembang anak, khususnya pembentukan karakter anak.

“Indonesia kaya akan budaya tradisional yang kaya nilai-nilai filosofis dan kearifan lokal seperti halnya mendongeng.” Ungkapnya

Dengan mendongeng, orang tua dengan anaknya juga akan semakin dekat baik secara psikologis maupun secara emosional sehingga terjalin hubungan romantis dalam keluarga.

“Bayangkan saja, anak-anak zaman sekarang sudah lebih berkutat dengan gadget. Bangun tidur cari gadget, mau tidurpun cari gadget. Bagaimana anak-anak kita bisa cerdas berkembang kalau salah proses pembentukannya,” kata Kak Jums.(wb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *