SMPN 1 Majalengka Biasakan Siswa Disiplin

oleh -4 views
AYUMAJA-SMPN-1-MAJALENGKA
BERI ARAHAN: Kepala SMPN 1 Majalengka, Nina Nurul Hidayati, memberi arahan kepada para siswa di halaman sekolah, belum lama ini. FOTO: ALMUARAS/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – SMPN 1 Majalengka terus membina mental dan akhlak anak didiknya. Salah satunya dengan program pembinaan karakter dan membiasakan disiplin serta taat tata tertib sekolah.

Kepala SMPN 1 Majalengka, Nina Nurul Hidayati menyebutkan, setiap Senin, Rabu dan Jumat, seluruh siswa mulai kelas VII hingga IX diberikan pembinaan oleh para guru untuk melatih kedisiplinan. Para siswa dibiasakan untuk melaksanakan salat dhuha pada Jumat Pagi di lapangan sekolah. Selanjutnya guru agama melakukan pembinaan rohani pada siswa.

“Kami akan tegas bagi siswa untuk masuk jam 7 pagi. Bila terlambat, maka akan dipisahkan dan mendapatkan sanksi,” tandas Nina.

Selain disiplin dalam hal abensi, Nina ingin siswanya tertib berpakaian. Rambut pun rapi serta tidak nyeleneh. Siswa juga diimbau untuk tidak berlebihan mengenakan perhiasan.

“Bila itu ditemukan, maka akan kami berikan peringatan. Sekolah ini sekolah unggulan, kami ingin anak-anak disiplin dan berakhlak baik,” jelasnya.

Selain kedisiplinan siswa, hal lain yang menjadi perhatian Nina adalah pelaksaan UNBK. Ia ingin sekolahnya mengadakan UNBK Mandiri. Untuk itu, ia akan menggandeng orang tua dan alumni untuk memenuhi kebutuhan 100 unit computer.

“Kami sudah mengajukan pembangunan ruang untuk melaksanakan UNBK Mandiri dan pengadaan komputer akan bermusyawarah dengan para Wakasek, orang tua dan alumni,” ujarnya.

Sementara, Wakasek Kesiswaan, Memet Slamet menambahkan, jam pelajaran pendidikan agama di sekolah waktunya masih sangat terbatas. Untuk itu, pihaknya menghadirkan berbagai program untuk meningkatkan keimanan dan akhlak siswa.

Dikatakan, waktu anak di rumah lebih bayak ketimbang di sekolah. Sehingga peran dan bimbingan orang tua sangat penting untuk menjadikan anak memiliki perilaku baik.

“Kami ingin menjadikan SMPN 1 Majalengka sekolah yang unggul dalam akademik dan unggul dalam pendidikan akhlak dan karakter sehingga memiliki daya tawar,” bebernya. (ara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *