Curug Putri Palutungan Masih Jadi Incaran Wisatawan

oleh -70 views
Para pengunjung Objek Wisata Palutungan menikmati dinginnya air terjun Curug Putri yang masih diincar banyak wisatawan, kemarin (21/7). FOTO: MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN
Para pengunjung Objek Wisata Palutungan menikmati dinginnya air terjun Curug Putri yang masih diincar banyak wisatawan, kemarin (21/7). FOTO: MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN – Meski banyak berdiri objek-objek wisata alam yang baru di Kabupaten Kuningan, namun hal itu tidak mengubah para wisatwan untuk berkunjung ke tempat wisata lama. Salah satunya ke Curug Putri Palutungan Kecamatan Cigugur yang masih tetap jadi incaran wisatawan.

Dari sekian banyak curug-curug baru yang masuk dalam daftar tempat wisata alam di Kuningan, Curug Putrilah salah satunya yang paling dikenal masyarakat Kuningan khususnya, dan juga warga lainnya di sekitar Kuningan, seperti Cirebon, Majalengka, Indramayu, Ciamis, Tegas, Brebes.

Bahkan dikenal juga hingga ke berbagai daerah lain seperti Jakarta, Bandung, Tangerang, Bogor dan sebagainya. Itu terlihat dari dari mana asal pengunjung saat liburan tiba.

Minggu pagi kemarin (21/7), banyak pengunjung yang mendatangi lokasi Curug Putri di Bumi Perkemahan Palutungan itu. Para pngunjung cukup membayar tiket Rp15 ribu per orang untuk masuk ke lokasi.

Dengan berjalan kaki sambil membawa serta anggota keuarga, pengunjung hanya butuh sekitar 10 – 15 menit dari pintu masuk menuju Curug Putri yang berada di bagian bawah Buper Palutungan yang juga berdekatan dengan jalur pendakian Gurung Ciremai.

Dengan pemandangan yang indah dibarengi cuaca sejuk, pengunjung bisa menikmati dinginnya air terjun Curug Putri, bahkan sambil mandi pun bisa dilakukan jika memang pengunjung kuat menahan dinginnya air terjun ini. Pengunjung juga bisa berfoto ria dengan background air terjun Curug Putri yang penuh misteri itu.

Curug Putri sendiri dikenal dengan cerita legendanya, yakni di curug ini merupakan tempat mandinya para putri dari Kahiyangan. Tak jarang pula ada yang meyakini jika pengunjung mandi di curug ini, maka akan mendapatkan berkah. Namun hal itu hanya didapat dari cerita, karena yang pasti para pengunjung yang datang hanya ingin menikmati keindahan alam Curug Putri.

Salah seorang pengunjung Curug Putri asal Jakalsana, Tatang Budiman yang kala itu membawa serta istri dan anaknya, mengatakan Curug Putri merupakan salah satu tempat wisata alam di Kuningan yang sering ia datangi saat musim libur tiba, termasuk beberapa kali pada saat libur akhir pekan. Ia mengaku tidak bosan mengunjungi Curug Putri lantaran daya tarik di tempat wisata ini tidak membosankan.

“Saya masih sering ke Palutungan, pasti turun juga ke Curug Putri. Gak bosan, curugnya alami, asyik untuk berfoto-foto bareng keluarga. Anak saya juga mandi di sini, dingin banget sih memang airnya,” kata Tatang.

Diakui Tatang, di Kuningan kini banyak bermunculan objek wisata baru, termasuk wisata curug. Ia bersyukur banyak wisata yang bisa dinikmati masyarakat, apalagi kehadiran banyaknya wisata di Kuningan menambah banyak pengunjung dari luar yang adatang ke Kuningan, sehingga Kabupaten Kuningan semakin dikenal dengan alamnya yang sejuk dan banyaknya tempat wisata alam di dalamnya.

“Kita bersyukur saja di daerah sendiri banyak sekali tempat wisatanya. Nama Kuningan semakin terkenal di daerah luar, banyak tamu yang berkunjung ke tempat wisata alam di Kuningan. Curug Putri juga sangat terkenal, pengunjungnya tetap banyak saya lihat,” ujarnya.

Sementara itu, hari Minggu pagi kemarin, di sekitar kaki Gunung Ciremai sempat diselimuti kabut tebal, sehingga menimbulkan percikan air ke bawah. Itupun dirasakan oleh para pengunjung Objek Wisata Palutungan. Cuaca pun sangat dingin, padahal di bagian bawah Cisantana, cuaca sangat cerah. (muh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *