Arab Saudi Larang Warga Kongo Naik Haji

oleh -7 views
MAKKAH-MINA
Ilustrasi. Foto: Dok. Jawa Pos/Radar Cirebon

RIYADH – Sebanyak 410 calon jamaah haji dari Republik Demokratik Kongo (RDC) batal diberangkatkan untuk menunaikan ibadah ke Mekah. Pasalnya, Arab Saudi mengeluarkan aturan pelarangan masuknya pendatang dari negara tersebut, menyusul kekhawatiran virus ebola selama musim haji bulan depan.

Keputusan itu diumumkan, dalam sebuah catatan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Saudi, pada Rabu (24/7). Pengumuman itu juga mengutip Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang menyatakan wabah Ebola di Provinsi Kivu Utara dan Ituri timur, Kongo sebagai status darurat kesehatan masyarakat dan menjadi perhatian internasional.

“Pemberian visa kedatangan untuk orang-orang yang masuk dari DRC telah dihentikan, untuk menjaga kesejahteraan para peziarah,” demikian catatan kementerian Saudi seperti dilansir Aljazeera, Senin (27/7).

Sekitar tiga persen populasi DRC merupakan warga Muslim. Sementara 10 persen jemaah haji, merupakan orang-orang dari Afrika sub-Sahara setiap tahunnya.

Data Kementerian Kesehatan DRC menyebutkan, ebola telah menewaskan lebih dari 1.700 orang sejak muncul Agustus lalu. Ini adalah wabah terburuk kedua dari jenisnya yang pernah ada.

Arab Saudi juga pernah menutup sebagian perbatasannya bagi para pelancong, di tengah kekhawatiran pada ebola selama 2014-2016. Ketika itu ebola menewaskan lebih dari 11.300 orang. (der/fin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *