Manjakan Pengguna, Google Munculkan Konten Podcast dalam Hasil Pencarian

oleh -7 views
Ilustrasi hasil pencarian Podcast di Google | THE VERGE

KONTEN audio yang dikemas dalam bentuk Podcast tengah menjadi tren beberapa waktu belakangan. Sejalan dengan hal itu, Google mengambil langkah untuk membuat pengguna lebih mudah dalam menemukan podcast dalam mesin pencariannya.

Melansir The Verge, Jumat (9/8/2019), kini Google akan memunculkan konten Podcast, layaknya video YouTube yang kerap muncul di hasil pencarian. Jadi, apabila pengguna mencari suatu topik atau suatu wawancara dengan orang tertentu, Google akan menunjukan episode podcast yang dinilai relevan dengan pencarian mereka.

Menurut kabar, Google disebut juga akan membuat asisten virtualnya dapat diberikan perintah suara untuk mencari sekaligus memutar podcast tentang topik tertentu.

Sebelumnya, pengguna yang ingin mencari konten audio tersebut perlu menggunakan kata kunci ‘podcast’ jika ingin menemukan dengan cepat. Setelah memilih podcast yang ingin didengarkan, sistem google akan otomatis mengarahkan pengguna ke layanan web Google Podcast. Hal serupa juga berlaku di Assistan, dimana pengguna harus memerintahkan suara dengan kata kunci ‘Podcast’.

Terkait hal tersebut, Google mengatakan akan segara mendukung layanan pemutar podcast dari pihak ketiga, guna memunculkan suatu podcast eksklusif dari platform tertentu dalam hasil pencarian. pihaknya pun kini tidak lagi mengharuskan pengguna untuk memakai kata kunci ‘podcast’. Namun, rakasa mesin tersebut tidak memberikan keterangan apakah hal itu juga berlaku pada Google Assistant.

Untuk melakukan pengindeksan pencarian Google secara otomatis akan menyalin semua episode podcast yang ditemukannya. Kini raksasa mesin pencari tersebut telah mengindeks lebih dari 2 juta episode podcast. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *