Nenek Terduga Pencuri Beras Beraksi Lagi di Pasar Sumber

oleh -25 views
Pelaku saat diamankan para pedagang dan diserahkan ke polisi. FOTO:CECEP NACEPI/ISTIMEWA
Pelaku saat diamankan para pedagang dan diserahkan ke polisi. FOTO:CECEP NACEPI/ISTIMEWA

CIREBON-Wanita itu berulah lagi. Dia diduga mencuri beras lagi. Kali ini di Pasar Sumber. Peristiwa serupa pernah dilakukan awal Juli 2019 di salah satu kios sembako di Pasar Celancang. Polisi ingin memediasi kasus ini. Karena kerugian tak besar, diupayakan jalan damai.

Kamis (8/8) wanita yang mengaku bernama Titin dengan usia 63 tahun itu tertangkap tangan mencuri beras ketan di Pasar Sumber. Tepatnya di kios beras milik H Siroj. Saat itu sekitar pukul 15.00 karyawan bernama Ari Krismantio (34) sedang membawa beras dari luar untuk ditata di dalam kios.

Rupanya, situasi toko sudah terpantau oleh sang nenek. Saat sedang sepi dan penjaga toko keluar mengambil beras, Titin bergegas mengambil satu karung beras ketan dengan berat 25 Kg. Apes, baru berjalan ke arah selatan sekitar 7 langkah, Titin langsung kepergok oleh Ari Krismantio.

“Pas saya datang, kepergok. Saya tanya ibu itu beras siapa, eh dia malah menjatuhkan beras dan melarikan diri ke arah selatan. Saya langsung ke toko, menghitung lagi beras di dalam. Benar, beras ketan dengan karung yang sama kurang. Jadi itu beras dari toko kami,” ujar Ari Krismantio saat dijumpai Radar Cirebon.

Ari menceritakan, pelaku ditangkap setelah ia berteriak sehingga menyita perhatian pedagang lainnya. Titin sempat lari ke pemukiman warga. Namun pedagang pasar kompak mengejarnya hingga berhasil diamankan dan dibawa ke petugas pasar kemudian digelandang ke Mapolsek Sumber.

“Polisi datang, jadi pelaku dan beras sebagai barang bukti sudah dibawa ke Polsek Sumber. Kalau dia laki-laki mungkin sudah digebukin. Untung dia perempuan yang sudah tua, sehingga banyak yang kasian,” tuturnya.

Menurut Ari, wajah Titin sudah tidak asing baginya untuk terus berkeliaran di Pasar Sumber selama beberapa pekan lalu. Nenek tersebut juga sering dia temui di depan tokoa. Beberapa pekan ini juga, Ari menemukan ada beberapa pengunjung pasar yang kehilangan barang belanjannya. Bahkan, toko beras di sebelahnya juga pernah kehilangan beras.

Namun demikian, dia tak mau menuduh. Ari mengatakan polisi yang perlu melakukan pendalaman. “Baru dua minggu lalu Mas, toko di depan juga kehilangan dua karung beras. Kayaknya orang yang sama. Muka dia juga mirip dengan pencurian di Pasar Celancang yang sempat viral,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Sumber AKP Sobirin mengakui ada kejadian tersebut. Saat ini pihaknya juga sedang berupaya memanggil korban untuk dimintai keterangan sekaligus upaya mediasi mengingat usia Titin yang sudah tua.

“Pelaku sudah kita amankan. Kita akan upayakan mediasi dengan korban, mengingat kerugiannya yang kecil dan pelaku juga sudah tua. Tapi, kalau pun ini lanjut, mungkin dikenakan tindak pidana ringan (tipiring) karena kerugian tidak besar,” katanya.

Disinggung bahwa pelaku pernah melakukan hal yang sama di Pasar Celancang, AKP Sobirin mengaku akan berkoordinasi dengan Polsek Kapetakan. “Kalau soal itu (aksi sebelumnya di Pasar Celancang, red) nanti akan kita koordinasikan dengan Polsek Kapetakan,” pungkas Sobirin. (cep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *