Pengendara Nekat Lawan Arus di Perlintasa Kereta Api

oleh -48 views
Para pengendara melawan arus saat di perlitasan kereta api Jl Tentara Pelajar, Kota Cirebon. FOTO: KHAIRUL ANWAR/RADAR CIREBON
Para pengendara melawan arus saat di perlitasan kereta api Jl Tentara Pelajar, Kota Cirebon. FOTO: KHAIRUL ANWAR/RADAR CIREBON

CIREBON-Kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas nampaknya masih rendah. Terbukti, di beberapa perlintasan kereta api di Kota Cirebon, perilaku melawan arus, bahkan menerobos palang pintu sepertinya sudah menjadi kebiasaan.

Didi Maryadi petugas jaga perlintasan kereta api Krucuk mengatakan, setiap hari ada ratusan kendaraan yang melawan arus, bahkan tidak sedikit pula yang menerobos palang pintu kereta api. “Sering banget. Mungkin karena buru-buru atau bagaimana. Tapi yang pasti sih karena sudah menjadi kebiasaan,” katanya.

Oleh karena itu, Didi harus sigap saat sirine berbunyi, memeriksa apakah ada pengendara yang membandel atau tidak. Agar saat palang pintu perlentasan diturunkan tidak mengenaik pengendara. “Biasanya kalau ada suara sirine langsung berhenti, ada juga yang justru tancap gas. Ya pinter-pinternya kita saja melihat situasi,” lanjutnya.

Baik Pengendara yang meneobos palang pintu atau melawan arus lanjut didi, sangat berbahaya. Pasalnya jika ia tidak cermat melihat kedatangan kereta, bisa bisa itu akan mencelakakan dirinya sendiri. “Kadang sudah diperingatkan pakai pripitan (pluit) tapi tetap saja menerobos,” pungkasnya. (awr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *