Warga China Positif Corona setelah Berkunjung ke Bali, Dinkes Lakukan Penyisiran

oleh -374 views
warga-china-corona-bali
Seorang turis China menggunakan masker saat memperpanjang visa di Imigrasi Denpasar, Bali, Kamis (13/2). Indonesia telah menghentikan semua penerbangan dari dan menuju ke China. Foto: Firdia Lisnawati/AP Photo

BALI – Seorang warga negara China, Jin dikabarkan terinfeksi virus Corona. Dia dikabarkan melakukan perjalanan ke Bali pada 22-28 Januari lalu.

Dari informasi yang dihimpun, Jin terbang dari Wuhan ke Bali menggunakan pesawat Lion Air.  Wuhan merupakan ibu kota Provinsi Hubei, China yang menjadi lokasi mewabahnya virus corona. 

Kepala Dinas Kesehatan Bali, I Ketut Suarjaya menjelaskan, pihaknya tengah melakukan identifikasi kontak.

Namun, ia cukup yakin kalau WN China tersebut tidak terinfeksi virus corona di Bali. Sebab, di Pulau Dewata tidak ditemukan kasus positif corona. “Bisa saja dia saat sudah di sana baru terpapar. Kalau dirunut, dia kan kembali sembilan hari sebelum terpapar corona,” kata Suarjaya, kepada wartawan, Kamis (13/12).

Lewat keterangan resmi, Lion Air lewat membantah informasi yang menyatakan satu penumpang dari Wuhan dikabarkan terindikasi virus corona.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, penumpang yang dimaksud telah melewati pemeriksaan medis Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dan dinyatakan dalam keadaan sehat.

Pada Rabu 22 Januari, Lion Air melakukan penerbangan internasional dengan pesawat bernomor JT-2618 dari Bandar Udara Internasional Tianhe Wuhan, Distrik Huangpi, Provinsi Hubei, China menuju bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Danang menjelaskan, ketika pesawat berada pada pelataran parkir bandar udara atau apron, petugas teknisi bekerjasama dengan pihak terkait melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku. (yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *