Baznas Peduli dan Tanggap Bencana

oleh -45 views
BANTUAN: Baznas Kabupaten Cirebon telah menyalurkan bantuan terhadap korban banjir di Kecamatan Susukan beberapa waktu lalu. FOTO: BAZNAS FOR RADAR CIREBON

CIREBON – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cirebon, terus siap siaga untuk melakukan aksi kemanusiaan terhadap korban bencana alam, seperti banjir yang baru-baru ini terjadi di sejumlah titik.

Kepada Radar Cirebon, Ketua Baznas Kabupaten Cirebon, KH Budiman Mahfudz menuturkan, pihaknya siap siaga untuk membantu para korban bencana banjir. Sejumlah kebutuhan untuk korban telah disalurkan seperti logistik makanan siap saji, perlengkapan sekolah, selimut dan lain-lain.

“Saat ada bencana, kita terus lakukan koordinasi dengan sejumlah pihak. Dengan Pemerintah Desa, BPBD, Koramil dan lain-lain. Koordinasi ini sebagai upaya untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan diperlukan,” tutur Budiman saat dijumpai Radar Cirebon, Kamis (13/2).

Untuk mengoptimalkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana, Baznas juga mendirikan posko bantuan untuk menjangkau berbagai lokasi yang terdampak banjir. Selain bantuan pendistribusian makanan, saat rumah sehat baznas Kabupaten Cirebon berhasil didirikan. Baznas juga akan mengirimkan bantuan kesehatan melalui Rumah Sehat Baznas (RSB) yang melayani pemeriksaan kesehatan serta pemberian obat-obatan bagi warga. Pasalnya, dalam kondisi seperti itu, warga korban banjir sangat rentan terkena penyakit.

“Doakan saja semoga rumah sehat Baznas segera terwujud. Rumah sehat ini diperuntukan bagi kaum dhuafa,” jelasnya.

Sementara itu, Bagian Pendayagunaan Baznas Kabupaten Cirebon, Feri A Rifai menuturkan, Baznas saat ini juga berupaya maksimal dalam proses memberikan tambahan bantuan pendistribusian.

“Kita koordinasikan dulu. Kalau logistik apa saja yang dibutuhkan apakah mie instan, air mineral atau beras. Korban banjir biasanya yang dibutuhkan juga peralatan rumah tangga seperti kain pel, pel karet, ember, selimut dan lain-lain,” ujannya. (via)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *