Emil Instruksikan Pemkab Bentuk Tim Lobi

oleh -20 views
PROGRAM : Bupati Majalengja DR H Karna Sobahi MMPd menyampaikan usulan rencana pembangunan, dalam agenda Kopdar di Istora Resort Jatiluhur Purwakarta Kamis (13/2). FOTO: IIM ABDURAHIM/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Bupati Majalengka DR H Karna Sobahi MMPd didampingi sekda Drs Ahmad Sodikin MM mengikuti agenda rutin Komunikasi Pembangunan Daerah (Kopdar) bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan bupati serta walikota se-Jawa Barat, di Istora Resort Jatiluhur, Purwakarta Kamis (13/2).

Selain diikuti gubernur, walikota dan bupati se-Jawa Barat, kopdar pertama di tahun 2020 tersebut juga diikuti ketua atau wakil ketua TP PKK se Jawa Barat dengan tema “Penegakan dan Pengawasan Pembangunan Daerah”. Kopdar kali ini membahas Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), yang sangat bermanfaat dan membantu para kepala daerah.

Seperti agenda sebelumnya di tahun 2019, Ridwan Kamil menerima curhat para kepala daerah mengenai pembangunan yang bakal mendapatkan bantuan provinsi tahun anggaran 2021.

Menurut Emil -sapaan akrab Ridwan Kamil- mayoritas anggaran yang diajukan 27 walikota dan bupati untuk tahun 2021 hampir 60 persen untuk pembuatan jalan. Sementara pengajuan lainnya terkait kesehatan seperti pembangunan rumah sakit umum daerah.

“Kalau 27 daerah dikali lima permohonan, totalnya ada 135 permohonan yang salah satunya ada akses tol Purwakarta,” terang Emil.

Hitungan secara keseluruhan skala prioritas kabupaten dan kota se Jawa Barat sekitar Rp10 triliun untuk bantuan di 2021. Kalkulasi bantuan provinsi untuk tahun 2021 mengalami peningkatan, karena pengajuan untuk tahun 2020 hanya Rp7 triliun.

Emil menyarankan kepada para kepala daerah untuk pintar-pintar melobi terutama ke para anggota DPRD Jabar. “Siapa yang pintar melobi ke anggota DPRD pasti dapat (bantuan, red) agar di 2021 bisa langsung terealisasi. Kalau bisa di setiap pemda membentuk tim lobi,” ujar Emil.

Sementara Bupati Majalengka dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa rencana pembangunan Pemerintah Kabupaten Majalengka, di antaranya pembangunan dan perluasan Sarana Penyedia Air Minum (SPAM) Kertajati, pembangunan Jalan Timur Lingkar Majalengka (Jatilima), pembangunan SOR Baribis Tahap I, pembangunan RSUD Talaga, dan pengembangan destinasi wisata Ciboer.

Bupati berharap momen Kopdar Jawa barat bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat bisa membantu kebangkitan Majalengka yang lebih progresif. “Seperti komitmen kami sebelumnya, kami siap bersinergi dengan Pemprov Jabar dan pemkot maupun pemkab lain di Jawa Barat, untuk mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin dan Majalengka Raharja,” terang bupati.

Karna mengaku pihaknya menyambut baik terobosan yang dilakukan gubernur. Pihaknya tidak akan menyia-nyiakan peluang menyampaikan informasi dan prioritas pembangunan yang merupakan aspirasi masyarakat Majalengka. (iim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *