Overload, Rutan Cirebon Pindahkan 50 Napi ke Lapas Kuningan

oleh -2.208 views
NAPI-RUTAN-CIREBON-DIPINDAH-KE-LAPAS-KUNINGAN
Sebanyak 50 napi Rutan Kelas I Cirebon dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Kuningan karena mengalami overload, Kamis (13/2) malam. Foto: Dedi Haryadi/radarcirebon.com

CIREBON – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Cirebon mengalami overload. Akibatnya, sebanyak 50 narapidana (napi) yang ditahan di rutan yang berada di Jl Sisingamangaraja, Kota Cirebon itu dipindahkan ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kuningan, Kamis (13/2) malam.

Kepala Rutan Kelas 1 Cirebon, Fonika Afandi kepada radarcirebon.com menyebutkan, pemindahan tersebut dilakukan sebagai cara untuk mengurangi overcapacity di rutan Kleas 1 Cirebon.

“Jumlah napi di Rutan Kelas 1 Cirebon ini sudah mencapai 574 orang. Sedangkan idealnya rutan ini hanya menampung 150 napi,” jelasnya.

Diungkapkan Fonika, 50 orang yang dipindahkan merupakan napi yang masuk kategori pelaku tindak pidana umum dengan hukuman rata-rata di bawah 5 tahun pejara.

“Alasan kenapa Lapas kelas IIa Kuningan sebagai tempat pemindahan para napi tersebut? Karena tidak lain agar mereka (napi, red) dapat lebih dekat dengan keluarganya. Setiap narapidana yang akan dipindahkan, sebelumnya dikelompokkan menjadi tiga kategori, yakni minimum security, medium scurity, dan maksimum security,” ungkapnya. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *