Damkar Tangkap Biawak Masuk Rumah

oleh -38 views
TAN GKAP BIAWAK : Petugas Damkar berhasil menangkap biawak dari dalam rumah Yadi, Kamis (13/2) siang.

KUNINGAN – Warga Kompleks Perumahan Graha Mutiara, Desa Sidaraja, Kecamatan Ciawigebang, dibuat heboh dengan hadirnya seekor biawak sungai di dalam rumah keluarga Yadi, Kamis (13/2) siang. Namun berkat kesigapan petugas Damkar Kuningan, binatang melata beracun tersebut pun berhasil diringkus dan diamankan sebelum mencelakai penghuni rumah.

Berdasarkan informasi dihimpun, kehadiran biawak di rumah Yadi tersebut diketahui sekitar pukul 11.30 WIB. Yadi yang kaget dan tak ingin anggota keluarganya celaka akibat binatang melata tersebut langsung menghubungi petugas Damkar Kuningan untuk meminta bantuan penangkapan.

Satu tim anggota Damkar yang tiba di lokasi sekitar 15 menit kemudian pun langsung beraksi mencari keberadaan biawak yang bersembunyi di ruang dapur tersebut. Dengan menggunakan sarung tangan tebal dan tongkat, petugas pun langsung meringkus binatang berbahaya tersebut dan memasukkannya ke dalam karung.

“Biawak ini meski tidak seganas buaya, namun kalau menggigit bisa mematikan. Karena dari liurnya mengandung virus yang bisa menyebabkan korbannya mengalami sakit yang luar biasa hingga kematian,” ungkap Khadafi.

Terhadap keberadaan biawak hasil tangkapan kali ini, Khadafi mengatakan, untuk sementara disimpan di kantor untuk kemudian dilepaskan di alam liar atau mungkin ke komunitas pencinta reptil seperti yang pernah dilakukan terhadap ular beberapa waktu lalu.

“Kami sementara menyimpan biawak ini di kantor. Kalau ada dari komunitas yang berminat, silakan bawa atau kita lepas ke alam liar yang sekiranya jauh dari pemukiman dan tidak membahayakan masyarakat,” ujarnya.

Khadafi pun mengapresiasi tindakan pemilik rumah yang meminta bantuan Damkar untuk menangani penangkapan biawak tersebut. Dikatakan, pihaknya siap melayani setiap aduan masyarakat terkait kedaruratan mulai dari kebakaran, hingga kucing masuk sumur sekalipun.

“Kami sangat terbuka dan siap melayani terhadap segala laporan kedaruratan. Tidak hanya jika terjadi kebakaran, namun juga kedaruratan lain seperti ular atau binatang buas lain masuk rumah, binatang masuk sumur dan lainnya, kami siap melayani dengan sepenuh hati,” ujar Khadafi. (fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *