Aula Tegalwirangrong Jadi Pusat Kegiatan Warga

oleh -94 views
REPRESENTATIF: Warga Desa Tegalwirangrong yang didominasi kaum perempuan mengikuti pelatihan menjahit di aula desa, kemarin. FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU- Aula Desa Tegalwirangrong, Kecamatan Kertasemaya kini lebih representatif. Aula seluas 10 x 16 meter persegi ini menjadi pusat kegiatan program pemerintah pemberdayaan masyarakat yang digelar pemerintah desa.

Kuwu Tegalwirangrong, Sodirin menyebutkan pembangunan Aula Desa Tegalwirang adalah wujud keseriusan pemerintah desa dalam pemerataan pembangunan di semua sektor. Aula tersebut, lanjut dia, bisa digunakan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan mulai dari musyawarah, kegiatan pemuda dan olahraga serta kegiatan pemberdayaan dan pelatihan.

“Selama ini tidak ada tempat yang luas untuk menampung semua kegiatan masyarakat. Di tahun 2019, penggunaan anggaran pembangunan selain untuk membangun infrastruktur jalan, saya fokuskan untuk pembangunan aula serba guna agar kegiatan dan program pemberdayaan bisa berjalan sesuai harapan,” ucap Sodirin.

Keberadaan aula tersebut diharapkan bisa memacu masyarakat desa dan mendorong perekonomian masyarakat. Itu sejalan dengan program 2020, dimana anggaran dana desa difokuskan untuk kegiatan pemberdayaan, pendidikan, dan kesehatan masyarakat. Pasalnya aula tersebut menjadi wadah kegiatan semua program pemerintah desa. Imbasnya pada peningkatan daya kreativitas dan produktivitas masyarakat. 

“Kita akan terus pacu program pemberdayaan masyarakat. Aula jadi pusat kegiatannya. Saya ingin masyarakat Tegalwirangrong menjadi masyarakat yang mandiri dan berdaya,” tukasnya.

Sementara itu, salah seorang warga, Darudin mengatakan aula desa memiliki peranan penting untuk kemajuan desa. Di antaranya sebagai pusat pelatihan bagi warga dan lainnya.

“Ada jadwalnya  pelatihan menjahit, senam bagi masyarakat, selebihnya untuk kegiatan  pemuda dalam pengembangan bidang olahraga,” ujarnya. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *