FK UGJ Punya Klinik dan Laboratorium Tercanggih

oleh -191 views
Sultan Kasepuhan PRA Arief Natadiningrat menggunting pita sebagai tanda dibukanya Klinik Cakrabuana di Kampus Fakultas Kedokteran Univetsitas Gunung Jati. FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON-Mulai akademik baru tahun 2020-2021, seluruh mahasiswa baru di Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) harus memindahkan kepersertaan asuransi BPJS ke Klinik Cakarabuana.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati, Dadang Sukandar Kasidin saat menghadiri peresmian Klinik Cakrabuana, di Kampus Fakultas Kedokteran, Jl Brigjen Darsono (bypass) Kota Cirebon, Senin (17/2).

“Demikian pula kepesertaan BPJS dosen, dan tenaga kependidikan UGJ pun secara bertahan harus segera dipindahkan ke Klinik Cakrabuana. Agar terbangun sinergi saling menguntungkan,” katanya.

Dikatakan Dadang, laboratorium bio medis di Fakultas Kedokteran UGJ merupakan salah satu upaya peningkatan layanan pendukung kegiatan pratikum untuk program studi pendidikan dokter.

“Laboratorium bio medis di Indonesia baru hanya tiga perguruan yakni di Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ). Laboratorium bio medis di FK UGJ ini memiliki peralatan lebih canggih dan mukhtahir yang belum dimiliki oleh rumah sakit dan klinik di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Swadaya Gunung Jati, Dr H Mukarto Siswoyo Drs MSi menuturkan dengan hadirnya Klinik Cakarabuana maka civitas akademika Universitas Swadaya Gunung Jati tidak perlu lagi bingung untuk mengobati atau memeriksakan kesehatannya.

“Klinik Cakarabuana ini bukan hanya melayani karyawan, dosen dan mahasiswa saja, klinik ini pun melayani masyarakat umum,” tuturnya.

Diungkapkan Mukarto, diresmikannya poliklinik, apotek dan laboratorium tersebut merupakan embrio bagi langkah-langkah FK UGJ untuk mendirikan rumah sakit pendidikan.

“Di poliklinik ini lengkap ada dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, apotek dan laboratorium bio medis dengan peralatan yang canggih juga terbaru. Jadi di sini juga pelayanan tes DNA yang hasilnya bisa selesai sehari,” ungkapnya.

Masih di tempat yang sama, Walikota Cirebob Drs Nasrudin Azis SH, dengan dibukanya Klinik Cakrabuana ini merupakan berkah bagi masyarakat Kota Cirebon.

“Tentunya dengan adanya klinik yang peralatannya canggih dan lengkap ini akan memudahkan masyakarat Kota Cirebon dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan maupun yang lainnya. Jadi tak perlu lagi masyarakat melakukan tes-tes misalkan tes DNA ke luar Kota Cirebon,” ucapnya.  

Pantauan radarcirebon.com, peresmian Klinik Cakrabuana ditandai dengan pengguntingan pita oleh Sultan Kasepuhan PRA Arief Natadiningrat dan penandatangab prasasti oleh Walikota, Yayasan UGJ, Rektor UGJ, Sultan Kasepuhan. Dilanjut dengan peninjauan ruangan praktek dokter dan ruang pelayanan medis. (rdh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *