WNI yang Dievakuasi dari Kapal Pesiar World Dream akan di Karantina di Kepulauan Seribu

oleh -54 views
DIAMOND-PRINCESS-VIRUS-CORONA
EVAKUASI: Bus-bus diparkir di dekat kapal pesiar Diamond Princess untuk proses evakuasi penumpang, Rabu (19/2). Diketahui ada 78 WNI di kapal itu, 4 di antaranya positif terjangkit virus corona. FOTO: JAE C HONG/AP

JAKARTA – Ratusan Warga Negara Indonesia akan dikarantina di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu. WNI tersebut dievakuasi dari kapal pesiar World Dream dan Diamond Princess.

Pemerintah bakal mengarantina ratusan warga negara Indonesia atau WNI yang dievakuasi dari kapal pesiar World Dream  dan Diamond Princess di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu. 

Karantina di pulau kosong tersebut akan dilakukan selama dua minggu guna mengobservasi dan memastikan para WNI tersebut tak terinfeksi virus coronayang kini bernama covid-19. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjelaskan Pulau Sebaru telah memiliki fasilitas yang cukup bagus dan dapat dijadikan lokasi karantina para WNI tersebut. Pulau tersebut juga tak berpenghuni. 

“Ada pulau tak berpenghuni yang dapat digunakan untuk karantina, Pulau Sebaru,” kata dia usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana, Jakarta, Senin (24/4).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan, Pulau Sebaru akan menjadi lokasi karantina para WNI yang dievakuasi dari kapal pesiar World Dream. 

Lokasi pulau tersebut yang dekat dengan DKI Jakarta menjadi alasan pemerintah memilih pulau tersebut sebagai tempat karantina. 

“Pulau Sebaru paling dekat dengan kami. Nantinya para WNI yang dievakuasi dari Diamond Princess juga akan dikarantina di sana ,” terang Terawan. (yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *