KPU Cirebon Belajar ke Majalengka

oleh -34 views
kpu - Copy
SHARING: Jajaran KPU kabupaten Cirebon melakukan kunjungan kerja ke KPU Majalengka, kemarin (25/2). FOTO: ONO CAHYONO/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon melakukan kunjungan kerja ke sekretariat KPU Kabupaten Majalengka, Selasa (25/2). Kunker ini sebagai sarana sharing terkait dengan program pasca Pemilu yang dilakukan oleh KPU Majalengka.

Ketua KPU kabupaten Cirebon, Dr H Sopidi MA didampingi komisioner Apendi SE, Husnul Khatimah SFilI MH, dan Ujang Kusumah Atmawijaya SPdI melakukan kunjungan persahabatan tidak secara formal. “Yang pasti motivasi kuat kami adalah silaturahmi dan melihat apa yang sudah diraih oleh KPU Majalengka terkait partisipasi masyarakat yang cukup tinggi,” ujar ketua KPU kabupaten Cirebon, Sopidi.

Menurut Sopidi, jajarannya termotivasi oleh hasil dari proses komunikasi KPU Majalengka dengan Pemda Majalengka khususnya dalam memfasilitasi renovasin gedung KPU yang dalam waktu dekat bakal digelar. Dia menjelaskan, kegiatan renovasi gedung itu notabene bukan dalam rangka lembaga KPU akuisisi, tetapi bentuk apresiasi Pemda Majalengka terhadap KPU.

Terkait hasil silaturahmi ini, lanjut Sopidi, akan melakukan kajian tentang regulasi untuk langkah-langkah kedepan agar Pemda Cirebon juga memfasilitasi KPU secara aman.

“Bagaimana pun proses lobi didasarkan aturan yang saling mengamankan. Kemudian dilakukan langkah informal atau non formal melalui komunikasi dengan Pemda kabupaten Cirebon. Itu yang akan kita implementasikan hasil kunjungan dari sini,” imbuhnya.

Dia menambahkan KPU Cirebon ibarat ibu kandung yang melahirkan pemimpin daerah dan legislatif. “Jangan sampai KPU kabupaten Cirebon justru dianggap Paraji demokrasi di kota Wali,” timpal komisioner KPU kabupaten Cirebon lainnya, Ujang Kusumah Atmawijaya SPdI.

Sementara itu, Ketua KPU kabupaten Majalengka, H Agus Syuhada SHI menyambut kunjungan kerja dari KPU Kabupaten Cirebon untuk sharing terkait program pasca pemilu yang dilakukan KPU Majalengka.

Program pasca banyak yang sama dengan program pusat, yakni pendidikan pemilih berkelanjutan dan demokrasi khususnya di Majalengka yang akan digenjot.

Disamping itu juga, pendidikan hukum pemilu dan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Selain itu menjalin kerjasama dengan semua instansi di Kabupaten Majalengka dalam hal pendewasaan demokrasi di kota angin.

Dia menerangkan, pihaknya juga mengupayakan workshop legislasi oleh anggota DPRD agar kemampuan dalam membuat Perda terus meningkat. “Ini terbukti dengan dukungan Pemda terhadap KPU di antaranya membantu pembangunan kantor sekretariat KPU. Kami mengucapkan terimakasih atas sinergitas yang selama ini dibangun,” terangnya.

Pihaknya berharap, Pemda kabupaten Majalengka lebih bersinergi lagi dengan KPU. Karena ini menyangkut kualitas demokrasi di Majalengka yang harus terus ditingkatkan. (ono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *