Rp245 M untuk Bangun RS Talaga, Status Tipe C, Pembangunan Dimulai Tahun Ini

oleh -122 views
Ilustrasi

MAJALENGKA –  Pemerintah Kabupaten Majalengka tengah menggenjot pembangunan sarana di bidang kesehatan. Salah satunya, membangun sarana kesehatan di daerah selatan Kabupaten Majalengka.

“Selain fokus revitalisasi beberapa kawasan ruang publik, kita juga sedang fokus juga pada pembangunan sarana bidang kesehatan, yaitu rumah sakit,” kata bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MMPd.

Menurut bupati, rencana pembangunan tersebut merupakan wujud realisasi dari masukan masyarakat Majalengka khususnya yang berada di daerah selatan. Untuk merealisasikan hal tersebut, Pemkab Majalengka sudah menyiapkan anggaran yang terbilang besar, yakni Rp245 miliar dari APBD 2020 ini. Rumah sakit yang akan dibangun akan berada di wilayah Kecamatan Talaga dengan status tipe C.

“Kenapa kita mengambil di Talaga, karena untuk mempermudah jangkauan masyarakat yang berada di wilayah selatan,” terangnya.

Karna menambahkan, selama ini masyarakat khususnya di wilayah selatan mengaku cukup kesulitan untuk mengakses pelayanan kesehatan khususnya rumah sakit. Warga di wilayah selatan yang dimaksud meliputi Kecamatan Lemahsugih, Malausma, Bantarujeg, Cikijing dan sekitarnya.

Selama ini, kata Karna, warga Majalengka di bagian selatan harus pergi ke daerah lain. Sebut saja warga di Kecamatan Malausma memilih untuk berobat ke Ciamis, sementara warga Cikijing memilih berobat ke Kuningan. Hal itu dilakukan karena di wilayah selatan masih belum ada rumah sakit.

“Selama ini warga kalau mau berobat harus ke daerah lain. Untuk itu kami harapkan pembangunan RS Talaga ini bisa menjadi jawaban atas kebutuhan warga atas pelayanan masyarakat,” jelasnya. (ono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *