Bupati Imbau Warga Tak Sembarang Buang Sampah

oleh -61 views
apr-Bupati (4)
INGATKAN WARGA: Bupati Cirebon Drs H Imron MAg saat ditemui di Acara pelantikan Fatayat NU Kabupaten Cirebon, kemarin (1/3). FOTO: APRIDISTA SITI RAMDHANI/RADAR CIREBON

BUPATI Cirebon Drs H Imron MAg mengaku prihatin dengan banjir yang melanda wilayah Kecamatan Pasaleman dan Waled, Sabtu (29/2). Oleh karena itu, dia menginstruksikan jajarannya untuk siaga dan membantu pelayanan kepada masyarakat terdampak.

Dia memastikan Pemerintah Kabupaten Cirebon akan selalu hadir untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para korban banjir. Selain menginstruksikan bawahannya untuk bergerak, pada kesempatan itu juga Imron mengimbau warga untuk disiplin menjaga lingkungan dari kerusakan. “Saya harap warga jangan buang sampah sembarangan atau buang sampah ke kali. Jaga lingkungan, jangan sampai lingkungan rusak. Karena kalau sudah rusak, maka bencana akan mengancam kita,” ungkapnya.

Begitupun dengan infrastruktur yang rusak, pihaknya akan segera memerintahkan instansi terkait untuk segera melakukan perbaikan. “Nanti akan saya hubungi instansi terkait,” tegasnya.

Menurutnya, ada tiga hal yang harus diperhatikan dari dampak musibah banjir saat ini. Yakni, bencana banjir harus dijadikan sarana muhasabah introspeksi atas permasalahan dan penanggulangan tingkah laku manusia. Masyarakat juga harus bisa mencegah dan pemerintah harus bisa mencari solusi. Kemudian, masyarakat terdampak harus bisa sabar. Dan tentu saja,  musibah ini bisa menjadi sarana ibadah, yang tak terkena musibah bisa saling menolong.

“Baik pemerintah maupun masyarakat, harus bisa bermuhasabah mencari penyebab dan solusi dari bencana ini,” jelasnya.

Hingga saat ini, pemerintah daerah terus mencari solusi terkait bencana banjir yang terjadi. “Kami juga telah menginstruksikan kepada camat agar melarang warganya mengambil tanah untuk membuat bata di area tersebut,” jelasnya.

Pihaknya pun hingga saat ini, terus berkoordinasi dengan BBWS untuk menangani bencana ini. Warga terdampak juga diminta untuk tetap mengungsi sampai kondisi membaik. (den/apr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *