Pelantikan Pengurus PC Fatayat NU Kabupaten Cirebon

oleh -228 views
apr-Fatayat (6)
DILANTIK: Pelantikan pengurus Pimpinan Cabang Fatayat NU Kabupaten Cirebon periode 2020-2025 di Gedung NU, kemarin (1/3). FOTO: APRIDISTA SITI RAMDHANI / RADAR CIREBON

Kepengurusan Fatayat NU Kabupaten Cirebon periode 2020-2025, resmi dilantik di Gedung PCNU Sumber, kemarin (1/3). Rangkaian kegiatan tersebut digelar seminar tentang Peran Fatayat dalam Menangkal Radikalisme serta bazar produk-produk anggota Fatayat.

APRIDISTA SITI RAMDHANI, Sumber

KETUA Pimpinan Cabang Fatayat NU Kabupaten Cirebon, Roziqoh MPd menuturkan, Fatayat NU merupakan organisasi perempuan muda NU yang memiliki tugas strategis dalam memperjuangkan hak-hak perempuan. Dan kebutuhan dasar bagi kehidupan meliputi pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Menurutnya, saat ini akses perempuan dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan kesehatan masih terbatas. “Untuk itu, kami terus akan memperjuangkan hak-hak perempuan dalam program kerja kami, sebagaimana visi dan misi organisasi,” terangnya.

Secara organisasi, NU telah menunjukkan perubahan signifikan. PCNU Kabupaten Cirebon di bawah kepemimpinan Syuriah KH Wawan Arwani dan Tanfidziyah KH Aziz Hakim Syaerozi, terus melakukan pemberdayaan dalam berbagai bidang. Lembaga dan lajnah yang ada di PCNU Kabupaten Cirebon pun telah berjalan sesuai tupoksinya. Karena itu, Fatayat NU dituntut untuk bisa lari mengimbangi semangat kepengurusan PCNU.

Beberapa program utama yang akan dikembangkan pada periode ini antara lain, penguatan organisasi dan pengkaderan. Dengan harapan, akan melahirkan banyak kader pemimpin Fatayat di masa akan datang. Kemudian, pemberdayaan ekonomi perempuan, dengan harapan mandiri secara ekonomi dan mampu berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

Juga pengembangan media yang harapannya melalui media, program dan isu yang diperjuangkan Fatayat NU Cirebon bisa bermanfaat untuk masyarakat yang lebih luas. “Kami memiliki 9 bidang. Isu radikalisme menjadi poin pertama yang harus diperhatikan. Kemudian isu seperti kekerasan sosial, stunting juga akan menjadi fokus kami dalam priode ini,” jelasnya.

Pihaknya pun berharap, para anggota yang dilantik bisa terus aktif bukan hanya saat dilantik.

Sementara itu, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg berharap Fatayat NU Kabupaten Cirebon bisa berperan serta dalam membangun Kabupaten Cirebon. Peran Fatayat diharapkan lebih dominan di masyarakat, terutama mengenai isu yang kini perlu diberikan perhatian khusus seperti radikalisme, stunting, dan kekerasan sosial. “Fatayat harus lebih aktif lagi. Diharapkan, masyarakat pun bisa terdorong untuk kemajuan,” tukasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *