Tasikmalaya Antisipasi dan Siaga Sebaran Corona

oleh -124 views
SIAGA SATU: Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menyatakan siaga satu mengantisipasi penyebaran virus Corona. Pemkot menyiapkan ruang isolasi ketika ada warga yang disinyalir terjangkit virus mematikan itu. FOTO: RADAR TASIKMALAYA

TASIKMALAYA – Kasus virus Corona telah mewabah di berbagai belahan dunia. Terbaru, Indonesia mengonfirmasi dua warga dipastikan terinfeksi virus tersebut. Untuk itu, Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menyatakan, Kota Tasikmalaya siaga satu mengantisipasi penyebaran virus Corona. “Kita sudah menyiapkan ruang isolasi ketika ada warga yang disinyalir terjangkit virus mematikan itu,” ujar Budi.

Siaga satu Kota Tasikmalaya mengantisipasi virus Corona ini, juga sebagai tindak lanjut dari instruksi Presiden RI Joko Widodo melalui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. “Saya memanggil pihak rumah sakit dan Dinas Kesehatan. Kita sudah mengumpulkan semua pimpinan rumah sakit di Kota Tasikmalaya,” tuturnya.

Tujuannya, kata Budi, agar seluruh rumah sakit khususnya yang besar bisa mempersiapkan sarana dan prasarana ketika ada warga yang disinyalir terkena virus tersebut. ”Ini sebagai bentuk kewaspadaan saja. Dan mudah-mudahan di Kota Tasik bebas Corona,” harapnya.

Adapun yang perlu dipersiapkan, yakni sarana prasarana untuk isolasi dan observasi ketika ada warga yang diduga terkena suspect Corona. “Sebab, untuk penanganan lebih lanjut ada di beberapa rumah sakit tertentu, di antaranya RS Hasan Sadikin Bandung. Kita yang penting menjaga jangan sampai menyebar ketika ada yang dicurigai,” katanya.

Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kantor Imigrasi dan Bandara Wiriadinata. Supaya meningkatkan perhatian khusus ketika ada warga asing datang atau pulang dari negara atau daerah yang sudah diserang wabah Corona. “Kita antisipasi dari berbagai aspek,” terangnya.

Persoalan virus yang berasal dari Tiongkok ini, sambung Budi, bukan hal sepele karena sudah menjadi urusan tingkat internasional. Terlebih presiden sudah secara resmi menyatakan dua WNI positif terjangkit virus Corona. “Sebab virus ini sangat cepat menular,” terangnya.

Budi pun akan mengeluarkan surat edaran kepada masyarakat melalui kecamatan dan kelurahan. Supaya warga bisa berhati-hati dan langsung melapor ke puskesmas terdekat ketika ada gejala-gejala yang mencurigakan. “Tapi jangan panik, namun tetap mewaspadai segala kemungkinan. Serta terus menjaga pola hidup sehat,” tandasnya.

Budi memastikan, di Kota Tasikmalaya belum ada warga atau lingkungan yang terkena penyebaran virus Corona. Diharapkan ke depan, situasi ini tetap terjaga dan masyarakat aman. “Seperti kemarin kan pernah ada yang baru pulang dari luar negeri, langsung ditangani di ruang isolasi dan alhamdulillah ternyata bukan karena virus Corona,” katanya. (rga)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *