Dua Bulan, Hampir 3 Ribu KK di Kota Cirebon Terdampak Bencana

oleh -103 views
BENCANA-POHON-TUMBANG

CUACA ekstrem meningkatkan potensi kejadian bencana. Dalam dua bulan terakhir, berdasarkan data Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) 2.810 kepala keluarga terdampak berbagai bencana di Kota Cirebon. Jumlah itu belum termasuk banjir yang terjadi, Rabu (4/3).

Dari data Pusdalops KPBD, Januari-Februari dan awal Maret terdapat 9 pohon tumbang. Hujan deras dan angin kencang kembali menyebabkan sebuah pohon tumbang di RW 09 Karangpura, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan.

Informasi yang dihimpun Radar Cirebon, pohon tumbang di tengah permukiman penduduk tersebut terjadi sekitar pukul 15.05 WIB . Beruntung tidak ada korban jiwa dari tumbangnya pohon jati dengan diameter 40-50 cm dan tinggi 10 meter, meski sempat menutupi jalan.

Koordinator Pusdalops Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD), Aji  Akbar mengungkapkan, tim langsung melakukan assessment ke lokasi dan penanganan yang diperlukan. Sehingga pukul 16.00 WIB kawasan tersebut sudah dapat dilalui kendaraan.

“Kita langsung bergerak dan tidka berapa lama proses pemotongan pohon tumbang selesai dan jalan bisa dilalui kendaraan dan pejalan kaki,” ujarnya.

Dari Data Bidang Bina Marga, sedikitnya terdapat tujuh kawasan rawan pohon tumbang yakni, Jl Dukuh Semar, Jl Pekalangan, Jl Kesambi Raya, Jl Perjuangan, Jl Ahmad Yani, Jl Nyi Mas Gandasri dan Jl Cipto Mangunkusumo.

Jumlahnya mencapai 2 ribu pohon. Namun untuk kewenangan perawatan pohon kini telah dialihkan ke Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP). (abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *