Lima Desa Banjir, Ketinggian Air Mencapai 150 Cm

oleh -5.487 views
banjir-ciwaringin-kabupaten-cirebon
Genangan air di Desa Gintung Lor, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon, Jumat malam (6/3). Saat ini dilaporkan banjir sudah surut. Foto: Andri Wiguna/Radar Cirebon

CIREBON – Banjir melanda sedikitnya lima desa di Kabupaten Cirebon. Dilaporkan ketinggian air bervariasi antara 30-150 centimeter (cm) dan saat ini sudah surut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra mengatakan, akibat kejadian banjir di Gintung Lor sedikitnya membuat 292 jiwa mengungsi ke masjid desa setempat.

Dari hasil assessment sementara, jumlah rumah terendam sekitar 430 rumah, total KK 1.640 dan 3.200 jiwa terdampak ketinggian air atau TMA antara 30-150 cm.

Selain dua desa tersebut, banjir juga menerjang Desa Sarabau, Gamel, Kebarepan. Total banjir menerjang 5 desa di Kabupaten Cirebon.

banjir-ciwaringin-cirebon
Warga Desa Gintung Lor, Kecamatan Susukan mengungsi di masjid desa setempat, Jumat (6/3). Foto: Andri Wiguna/Radar Cirebon

Luapan Sungai Ciwaringin menyebabkan banjir di sejumlah desa. Namun dari penuturan warga, banjir pada Jumat malam (6/3) merupakan yang terbesar.

Salah satunya di Desa Gintung Lor, Kecamatan Susukan. Warga setempat, Sumarni mengaku sudah dua kali kebanjiran di awal tahun ini. “Yang pertama nggak sebesar ini, ini yang besar. Di sini langganan. Tahun lalu juga banjir, bahkan lebih besar dari sekarang,” ujar Sumarni kepada Radar Cirebon.

Wilayah lain yang diterjang banjir adalah Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin. Di sini selain merendam puluhan rumah, banjir juga merendam tiga sekolah atau ponpes di Ciwaringin hingga ketinggian sekitar 50 cm.

Menurut Salim warga Ciwaringin, banjir yang  di RT 02 RW 02 tersebut terjadi akibat luapan Sungai Ciwaringin yang pasti terjadi setiap kali Sungai Ciwaringin meluap. (dri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *