Wilayah III Cirebon Tetap Jumatan di Tengah Merebaknya Virus Corona, Begini Catatannya

oleh -1.956 views
Masjid-Raya-At-Taqwa
TANPA KARPET: Bagian dalam Masjid Raya At Taqwa Kota Cirebon. FOTO: OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON – Masjid-masjid di Wilayah III Cirebon, hari ini (20/3), tetap menggelar Salat Jumat. Meski demikian, pengurus masjid dan warga tetap mematuhi standar-standar penanganan virus corona atau Covid-19.

Untuk pengurus masjid misalnya, diminta melakukan semprot disinfektan di area masjid, menerapkan cek suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer, dan mengingatkan khatib agar materi khutbah tak harus panjang.

Sementara untuk warga atau para jamaah, lebih baik wudlu dari rumah dan membawa sajadah sendiri. Dan yang lebih penting adalah warga yang merasa kurang fit atau sakit, tak perlu memaksakan diri ke masjid untuk jumatan. Salatnya bisa diganti dengan Salat Duhur di rumah.

Di Kota Cirebon, kepastian tetap menggelar Salat Jumat diputuskan melalui rapat MUI di kompleks Masjid Raya At Taqwa, Rabu (19/3). Usai rapat, Ketua MUI Kota Cirebon KH Solihin Uzer mengatakan hari ini tetap ada Salat Jumat.

“Yang merasa sehat dan tidak punya riwayat penyakit menular dapat menunaikan Salat Jumat,” ujarnya kepada wartawan di kompleks Masjid Raya At Taqwa.

Sementara bagi umat Islam yang merasa kurang sehat atau sakit, kata Uzer, lebih baik melaksanakan Salat Duhur di rumah untuk mencegah penularan penyakit.

“Jadi kalau sakit, salat di rumah (diganti dengan Salat Duhur, red). Akan tetapi kalau benar-benar sehat dan tidak sakit, silakan ke masjid menunaikan Salat Jumat,” tegasnya.

Disinggung apakah ada pengurus masjid yang sudah menyampaikan pemberitahuan tidak akan menggelar Salat Jumat, Uzer mengatakan, belum menerima laporan seperti itu. Pihaknya juga mengacu kepada Fatwa MUI Pusat Nomor 14/2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi Covid 19.

Dia mengatakan, ibadah jalan, tapi butuh kehati-hatian. Karena itu, ia berharap masjid-masjid tetap menjalankan protokol penanganan Covid-19.

Terpisah, Ketua At Taqwa Center DR H Ahmad Yani MAg mengatakan Masjid At Taqwa tetap menggelar Salat Jumat hari ini. Ia mengatakan, pengurus masjid tetap meningkatkan kewaspadaan. Misalnya membersihkan lantai, menyediakan hand sanitizer, dan membersihkan tangga dan seluruh area masjid dengan menyemprotkan disinfektan.

“Kita sudah gulung karpet, membersihkan lantai, menyediakan hand sanitizer. Pagi besok (hari ini, red) juga direncanakan penyemprotan dengan disinfektan. Jadi At Taqwa tetap menggelar Salat Jumat,” kata Yani.

Ia menjelaskan, beberapa masjid yang menggelar Salat Jumat juga tak melakukan pembatalan. Ahmad Yani sendiri hari ini punya jadwal menjadi khatib di Bank BNI Cirebon.

“Besok (hari ini) saya jadwal menjadi khatib di masjid Bank BNI. Saya malah diingatkan jangan sampai lupa,” ujarnya.

Senada dikatakan Ketua Persis Kota Cirebon Tatang Noer Saefullah. Saat dikonfirmasi, ia juga menjelaskan masjid-masjid yang dikelola Persis tetap menggelar Salat Jumat seperti biasa.

“Kita ikhtiar tawakkal kepada Allah SWT. Kita tetap memadukan iman dan akal kita,” kata Tatang Noer Saefullah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *