Jalan Berlubang Fly Over Pegambiran Sudah Ditambal

oleh -32 views
PERBAIKAN: Petugas melakukan penambahan jalan di Fly Over Pegambiran, Rabu (25/3). Kawasan ini dapat dilalui pengendara dengan aman. FOTO: AZIS MUHTAROM/RADAR CIREBON

CIREBON – Jalan berlubang di Fly Over Pegambiran, akhirnya diperbaiki. Petugas dari Pengelola Ruas Jalan Cirebon-Palimanan-Sumedang Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR), tuntas melakukan penambalan.

Kepala TU PPK Cirebon-Palimanan-Sumedang, Gathfani menjelaskan, lubang yang selama ini dikeluhkan para pengguna jalan, saat ini telah diperbaiki. Proses perbaikannya berlangsung sejak akhir pekan lalu, dan saat ini sudah dapat dilalui dengan mulus.

“Untuk penanganannya dilakukan penambalan pada lokasi yang terdapat lubang. Dikelupas terlebih dahulu lapisan aspal lamanya agar tambalan aspal menempel kuat di lapisan permukaan jalan,” ujar Gathfani, kepada Radar Cirebon, Rabu (25/3).

Dia menjelaskan, selama ini memang banyak ruas jalan rusak yang tidak dapat segera diangani langsung perbaikannya, karena mekanisme pemeliharaan jalan saat ini tidak dapat dilakukan secara swakelola. “Tahun-tahun yang lalu waktu caranya masih swakelola, kita bisa perbaiki langsung kalau melihat atau ada laporan jalan rusak,” tuturnya.

Namun, sambung dia, saat ini proses pemeliharaan jalan merupakan bagian dari paket preservasi yang pelaksanaanya dikerjakan oleh pihak ketiga yang ditunjuk menjadi pelaksana melalui mekanisme lelang/tender.

Sehingga, bila terjadi jalan rusak di awal-awal tahun, biasanya hanya dilakukan penanganan darurat yang sifatnya sementara, karena paket pekerjaan preservasi jalannya baru ditenderkan. Dan pihak ketiganya baru bisa mengerjakan setelah proses admnistrasi dan penandatanganan kontraknya sudah terlaksana. (azs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *