Lion Air Cabut dari BIJB, Gara-gara Corona, Air Asia dan Citilink Masih Bertahan

oleh -177 views

MAJALENGKA – Maskapai Lion Air yang selama ini melayani sejumlah rute penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mulai Sabtu (21/3) kemarin, sudah tidak lagi beroperasi. Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama PT BIJB, Salahudin Rafi.

Salahudin Rafi membenarkan saat ini maskapai tersebut telah berhenti beroperasi. Berhentinya pengoperasian tersebut disebabkan dampak dari mewabahnya virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

“Virus corona atau Covid-19 penyebabnya,” ujar Rafi melalui pesan singkat, Sabtu (21/3).

Dia menyampaikan, pemberhentian maskapai dengan simbol kepala singa itu tidak dapat dipastikan. Namun yang jelas, sampai benar-benar krisis Covid-19 selesai.

Berdasarkan data yang dihimpun, Lion Air melayani enam rute penerbangan di BIJB Kertajati. Untuk sementara waktu ini, kata dia, masih ada maskapai Air Asia dan Citilink yang beroperasi di bandara kebanggaan masyarakat Jawa Barat tersebut. Maskapai Air Asia masih melayani rute ke Denpasar/Bali, sedangkan Citilink melayani rute ke Surabaya dan Jakarta.

“Semoga krisis Covid-19 ini cepat berlalu dan seluruh penerbangan khususnya di Kertajati berjalan normal kembali,” harap Rafi.

Sebelumnya, penerbangan di BIJB juga sudah berkurang seiring dengan ditutupnya penerbangan jamaah umrah menuju Arab Saudi. Berdasarkan informasi, pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara gelombang jemaah umrah dari luar negaranya, termasuk Indonesia.

Kebijakan ini diberlakukan pemerintah setempat untuk mencegah menyusupnya virus corona ke Arab Saudi. Disamping itu juga menangguhkan untuk sementara warga negara lain yang ingin masuk dengan visa turis.

Negara-negara yang masuk dalam daftar cegah masuk ke Arab Saudi untuk sementara waktu yaitu China, Iran, Italia, Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, dan Vietnam. Selain itu penerbangan internasional menuju Kuala Lumpur juga sudah dihentikan.  (ono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *