Pemdes Karangmalang Semprot Disinfektan

oleh -162 views
jun-disinfektan di desa karangmalang
PENCEGAHAN: Ruang pelayanan di kantor Desa Karangmalang, Kecamatan Karangsembung disemprot cairan disinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona di desa tersebut. FOTO: MOHAMAD JUNAEDI/RADAR CIREBON

CIREBON – Pencegahan penyebaran virus corona atau Covid 19, terus digencarkan jajaran pemerintah, mulai dari level pusat, provinsi, kabupaten sampai ke desa.

Kemarin (26/3), Pemerintah Desa Karangmalang, Kecamatan Karangsembung melakukan aksi nyata dengan menyemprotkan disinfektan ke sejumlah lokasi yang menjadi pusat berkerumunnya warga. Seperti, sekolah, kantor desa (balai desa), masjid, musala dan lainnya.

Bersamaan dengan itu, mereka pun menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak berkerumun di luar rumah, membatasi aktivitas yang tidak perlu, rutin menyuci tangan dan makan-makanan yang bergizi.

Menurut Kuwu Desa Karangmalang, Saronih bahwa penyemprotan tersebut merupakan langkah preventif atau pencegahan terhadap penyebaran virus corona di lingkungan masyarakat. “Mencegah lebih baik daripada timbul korban. Karena penyebaran virus tidak ada yang tahu,” tuturnya sebelum pelaksanaan penyemprotan.

Selain penyemprotan disinfektan, pria yang biasa disapa Oni ini menambahkan, Pemerintah Desa Karangmalang menyediakan sanitizer di masjid dan tiap musala yang ada di masing-masing dusun. “Ini demi keamanan para jama’ah yang ingin menjalankan salat berjama’ah,” tambahnya.

Bahkan, kantor desa pun menyediakan sarana sanitasi untuk mencuci tangan. “Jadi, apabila ada warga atau tamu yang ingin masuk ke kantor desa, dipersilakan untuk mencuci tangan dulu,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Oni pun mengimbau kepada warga, apabila ada anggota keluarganya yang baru saja pulang dari tanah rantau, baik luar kota maupun luar negeri untuk segera melaporkan ke desa atau datang ke puskesmas. “Mereka yang baru pulang dari rantauan untuk segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat. Ini demi meminimalisasi penyebaran virus dari luar daerah,” tegasnya.

Dia berharap, dengan langkah-langkah pencegahan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Karangmalang, bisa membantu pemerintah dalam meminimalisir penyebaran virus yang sudah memakan puluhan korban jiwa. Dan, bisa diikuti oleh desa-desa lainnya, sehingga wilayah Kecamatan Karangsembung dan sekitarnya terbebas dari virus corona. “Mari kita bersatu melawan corona dengan melaksanakan anjuran pemerintah. Dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tata cara pencegahannya,” pungkasnya. (jun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *