Surat Terbuka Pasien Nomor 10 dari Ruang Isolasi RSD Gunung Jati

oleh -1.814 views
Surat-terbuka-riki-rachman-permana
Surat terbuka pasien nomor 10 di RSD Gunung Jati.

CIREBON – Pasien nomor 10 yang dinyatakan positif terinfeksi corona virus disease (Covid-19), Riki Rachman Permana mengirim surat terbuka kepada Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan.

Pasien yang tengah menjalani perawatan di RSD Gunung Jati tersebut mengungkapkan beberapa hal. Termasuk lamanya hasil swab keluar. 

“Hasil swab satu orang butuh waktu 7 hari untuk memastikan apakah seseorang ditanyakan benar positif atau negarif Covid-19,” tulis pasien nomor 10. 

Diungkapkan dia, hingga Kamis (26/3) belum diketahui hasil swab terakhir yang dilakukan dinkes pada 18 Maret 2020.

Swab ketiga pada 14 Maret juga belum keluar. Sudah lebih dari 12 hari belum ada surat yang diterima RS.

Kemudian, disampaikan pula terkait birokrasi pengiriman surat dari Balitbangkes yang harus melalui provinsi, kemudian dinas/kabupaten kota setempat, baru ke rumah sakit.

Hasil swab yang cepat dapat menentukan tindak lanjut perawatan kepada pasien tersebut. Tidak hanya itu, tim dokter direpotkan dengan urusan birokrasi.

Pasien 10 menyarankan, tim dokter sebaiknya fokus merawat pasien, tidak direpotkan dengan rapat-rapat dengan dinas kesehatan, walikota, dinas pendidikan. 

Dalam surat terbuka juga disampaikan masukan yang diberikan: 

  1. Memangkas alur birokrasi pengiriman surat hasil tes swab
  2. Memberi instruksi kepada pemerintah daerah, agar tim dokter tidak perlu diundang rapat berjam-jam untuk sekadar mengetahui kondisi pasien yang dirawat. Cukup gunakan teknologi video conference dan sebagainya
  3. Memastikan ketersediaan APD untuk tenaga medis. Penambahan rumah sakit rujukan juga harus dibarengi dengan penyediaan APD sesuai standar dan kebutuhan

“Semoga masukan ini bisa sampai kepada para pemangku kebijakan. Jika berkenan dengan segala kerendahan hati, saya mohon bantuan teman-teman di Instagram agar surat ini bisa sampai kepada Bapak Presiden dan Bapak Menkes,” tulis Pasien Nomor 10 dalam unggahannya. (yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *