Belajar di Rumah: Soal Kelas XII IPA

oleh -196 views
Belajar-di-rumah-stay-at-home

EDISI ke sembilan program Belajar di Rumah. Kali ini, soal dan pembahasan mata pelajaran IPA Kelas XII. Program belajar di rumah merupakan kerja sama RCTV, Radar Cirebon Koran, Radar Cirebon Online dan Neutron Yogyakarta Cabang Cirebon.

1. Satuan-satuan berikut yang merupakan satuan besaran pokok adalah ….
a. Kandela, joule, watt
b. Meter, sekon, watt
c. Kelvin, joule, celcius
d. Newton, kilogram, mol
e. Kilogram, kelvin, ampere

2. Suatu balok bermassa 2 kg yang berada pada suatu bidang datar licin mengalami dua gaya konstan seperti ditunjukkan gambar dengan F = 10 newton. Kecepatan pada saat t = 0 sekon adalah 2 m/s ke arah kiri. Besar gaya normal yang bekerja pada balok dan percepatan balok berturut-turut adalah ….
a. 12 dan 3
b. 18 dan 6
c. 28 dan 3
d. 34 dan 6
e. 40 dan 3

3. Seorang sopir sedang mengendarai sebuah mobil yang bergerak dengan kecepatan tetap 25 m/s. Ketika sopir melihat seorang anak yang tiba-tiba menyeberang jalan, diperlukan waktu 0,10 s bagi sopir untuk bereaksi dan mengerem. Akibatnya, mobil melambat dengan perlambatan tetap 5,0 m/s2 dan berhenti. Jarak total yang ditempuh mobil tersebut sejak sopir melihat anak menyeberang hingga mobil berhenti adalah …..
a. 60,00 m
b. 62,50 m
c. 65,00 m
d. 65,25 m
e. 65,50 m

4. Sebuah bola berada di tepi sungai selebar 4 m seperti ditunjukkan gambar. Perbedaan tinggi antara kedua sisi sungai tersebut adalah 15 cm. Kemudian bola dipukul mendatar. Jika percepatan gravitasi g = 10 m/s2, besar kelajuan minimum yang diberikan pada bola tersebut agar tidak jatuh ke dalam sungai adalah

5. Dua benda A dan B, bermassa ma = 2m dan mB = m. Kedua benda berada pada lantai licin dan dihubungkan dengan tali, lalu ditarik mendatar dengan gaya sebesar F seperti gambar di bawah. Dalam keadaan bergerak, tegangan tali penghubung kedua benda sebesar T. Antara gaya F dengan tegangan tali T berlaku hubungan ….
a. F = 1/2 T
b. F = 1/3 T
c. F = 2/3 T
d. F = 3/2 T
e. F = 4/3 T

6. Lima buah balok di lantai licin disusun dan dikenai gaya 100 N seperti pada gambar. Besar tegangan tali 3 adalah…
a. 20
b. 25
c. 30
d. 40
e. 60

7. Seberkas cahaya datang dari udara menuju medium yang berindeks bias 1,5. Jika kecepatan gelombang cahaya di udara (atau di vakum) adalah 3 x 10 (pangkat) 8 m/s, kecepatan cahaya dalam medium tersebut adalah …
a. 1,0 x 10 (pangkat) 8 m/s
b. 1,5 x 10 (pangkat) 8 m/s
c. 2,0 x 10 (pangkat) 8 m/s
d. 2,5 x 10 (pangkat) 8 m/s
e. 3,0 x 10 (pangkat) 8 m/s

8. Gambar di bawah ini memperlihatkan profil sebuah gelombang pada suatu saat tertentu. Titik A, B, dan C segaris. Begitu juga titik D dan E. Simpangan titik A sama dengan 0,5 amplitudo, sedangkan simpangan titik E –0,5 amplitudo. Berapa kali panjang gelombang jarak titik C dari titik A?
a. 1/4 d. 1
b. 3/2 e. 2
c. 1/2

9. Dalam wadah logam tertutup A, terdapat sejumlah air pada titik bekunya. Dalam wadah logam B terdapat air asin pada suhu tepat mulai membeku menjadi es asin yang massanya sama dengan massa air dalam wadah A. Kemudian kedua wadah logam saling disentuhkan. Pada keadaan akhir terdapat air asin dalam wadah B, campuran air dan es dalam wadah A karena ….
a. kalor jenis es lebih besar daripada kalor lebur es asin
b. titik lebur es asin lebih tinggi daripada titik lebur es
c. kalor jenis es asin lebih besar daripada kalor lebur es
d. titik lebur es asin lebih rendah daripada titik lebur es
e. kalor jenis air asin lebih besar daripada kalor lebur es

10. Sebuah benda bermassa mA bergerak sepanjang sumbu x positif dengan laju konstan. Benda tersebut menumbuk benda B bermassa mB yang diam. Selama tumbukan, gaya interaksi yang dialami benda B ditunjukkan dalam gambar. Jika laju benda A setelah bertumbukan adalah vA. Lajunya mula-mula adalah …

Kalor uap air 2.268.000 J/kg
Kalor lebur air 336.000 J/kg
Kalor jenis air 4.200 J/kg℃
Kalor jenis es 2.100 J/kg℃

Pembahasan di halaman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *