Tips Keluar Rumah Aman dari Penularan Virus Corona

oleh -543 views
ilustrasi-virus-corona
Ilustrasi Covid-19

PEMERINTAH mengeluarkan kebijakan terkiat virus corona (Covid-19) dengan mengumumkan pembatasan sosial sekala besar (PSSB), Senin (30/3) lalu. Kebijakan PSSB itu menjadi alternatif pemerintah yang tidak memilih lockdown.

Bahkan imbauan Presiden Jokowi mengenai belajar, kerja dari rumah dan ibadah di rumah sebagian sudah lebih dulu dilaksakan meski belum massif. Pembatasan ikontak fisik maupun nteraksi sosial bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona yang berkembang massif.

Kampanye #DiRumahAja terus digaungkan pemerintah dan masyarakat agar aman dari penyebaran virus corona. Lantas bagaimana tips keluar rumah agar tetap aman?

Pemerintah melalui laman covid19.go.id menyarankan tips keluar rumah untuk berbelanja agar tetap aman dari penularan virus corona.

Batasi pergi belanja makanan atau kebutuhan penting. Pilih satu orang di keluarga untuk belanja dan jangan pilih orang yang berisiko seperti orang lansia (lanjut usia), yang sakit kronis atau menahun.

Selalu jaga jarak lebih dari 1 meter dengan orang lain saat berada di pasar atau tempat belanja. Saat kembali, langsung cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik.

Bila tetangga-tetangga membutuhkan pertolongan dan Anda sanggup, maka bisa tawarkan diri menerima titipan belanja.

Mohon diingat, situasi ini hanya sementara dan bila semua orang tetap tinggal di rumah, wabah semakin cepat berakhir. Kalau kita melindungi diri, berarti kita melindungi sesama. (hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *